Selasa, 31 Maret 2020 16:06

Ops Patuh Semeru, Pengendara Kena Tilang Langsung Sidang di Tempat

Kamis, 05 September 2019 18:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
Ops Patuh Semeru, Pengendara Kena Tilang Langsung Sidang di Tempat
Operasi Patuh Semeru yang digelar di Alun-alun Bangil, Kamis (5/9).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kepolisian Resor (Polres) Pasuruan menggelar sidang di tempat bagi para pelanggar lalu lintas yang terkena tilang dalam Operasi Patuh Semeru tahun 2019.

Hal ini seperti yang dilakukan Satlantas Polres Pasuruan saat Operasi Patuh Semeru di Alun-alun Bangil dengan sasaran kendaraan bermotor roda dua, Kamis (5/9). "Pengedara motor yang melanggar kami kenakan tilang kemudian langsung diterapkan sidang di tempat," ujar Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Bayu Halim Nugroho., S.H., S.I.K., Kamis (5/9/2019).

Karena menerapkan sidang di tempat, maka selain dari kepolisian, Polres Pasuruan juga melibatkan petugas dari Pengadilan Negeri Kab. Pasuruan dan Kejaksaan Negeri Kab. Pasuruan. "Dengan begitu, para pelanggar lalu lintas langsung menjalani sidang di tempat. Tujuannya untuk memberikan efek jera kepada pelanggar," kata dia.

Dalam operasi tersebut terdapat sejumlah hal penting yang diperiksa petugas dari para pengedara motor. Di antaranya, surat-surat kelengkapan saat berkendara, penggunaan helm pengaman, dan kondisi kendaraan yang sesuai standar.

Selain anggota kepolisian, Operasi Patuh Semeru 2019 juga melibatkan anggota Polisi Militer. Hal itu karena sasaran operasi tidak hanya masyarakat umum, namun juga anggota TNI/Polri.

Ia menjelaskan, Operasi Patuh Semeru merupakan agenda tahunan dalam rangka cipta kondisi. Operasi tersebut digelar selama 14 hari mulai tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019.

Adapun, operasi tersebut penting karena bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Melalui operasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pengendara kendaraan bermotor agar mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku demi terwujudnya keselamatan antar-pengguna jalan.

Sasaran dalam Operasi Patuh Semeru 2019 di antaranya adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar (SNI), pengendara kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kemudian, pengemudi yang mengendarai kendaraan melebihi batas kecepatan, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi motor bawah umur, serta pengemudi yang melawan arus. (maf/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...