Senin, 21 Oktober 2019 06:12

Jelang Operasi Patuh Semeru 2019, Satlantas Polres Pasuruan Sosialisasi Bareng OPD Terkait

Rabu, 28 Agustus 2019 22:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
Jelang Operasi Patuh Semeru 2019, Satlantas Polres Pasuruan Sosialisasi Bareng OPD Terkait
Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Bayu Halim Nugroho., S.H. S.I.K saat foto bersama di Gedung Command Center usai menyosialisasikan persiapan Gelar Operasi Patuh Semeru, Rabu (28/08/2019).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Satlantas Polres Pasuruan menggelar sosialisasi dengan pihak terkait menjelang dilaksanakannya Operasi Patuh Semeru 2019.

Sosialisasi yang langsung dipimpin oleh Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Bayu Halim Nugroho. S.H., S.I.K., itu berlangsung di gedung Command Centre, Mapolres Pasuruan, Rabu (28/08/2019).

Sosialisasi ini diikuti oleh beberapa istansi terkait, meliputi Departemen Agama (Depag), Dinas Pendidikan, Polisi Militer, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub).

"Sosialisasi akan adanya operasi patuh dan mengundang istansi terkait agar bertujuan untuk saling bersinergi dan diharapkan istansi yang turut mengikuti sosialisasi tersebut dapat saling mendukung adanya operasi patuh tersebut," katanya.

Dalam sosialisasi, Bayu memaparkan Operasi Patuh kali ini fokus pada beberapa pelanggaran, di antaranya pengendara di bawah umur, menggunakan HP saat berkendara, tidak menggunakan helm saat berkendara, motor tidak sesuai standar, melawan arus, dan lain sebagainya.

"Untuk potensi kecelakaan nantinya akan dilakukan kegiatan operasi bersama dengan pihak-pihak terkait dengan menyasar kendaraan roda dua, roda empat, angkutan barang, atau angkutan umum," terang AKP Bayu Halim kepada bangsaonline.com saat ditemui usai sosialisasi.

Ia juga menjelaskan, bahwa Satlantas Polres Pasuruan sudah menentukan titik-titik di mana akan dilaksanakannya operasi patuh tersebut, yakni lokasi yang berpotensi banyak pengendara melanggar lalu lintas.

"Saya berharap petugas jajaran Satlantas tak hanya fokus dalam melaksanakan operasi, tapi juga akan menyelipkan kegiatan preventif, yakni sosialisasi dengan Departemen Agama dan Dinas Pendidikan untuk menyisir sekolah atau madrasah yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan," terangnya.

"Namun perlu juga diketahui, bahwasanya Satlantas Polres Pasuruan juga tak segan-segan untuk melakukan tindakan secara tegas berupa tilang apabila nanti terdapat pelajar yang masih belum memiliki SIM dan nekat membawa motor ke sekolah bahkan di jalan raya. Mekanisme yang dilakukan oleh pihak kepolisian agar para orang tua mengetahui bahwa apa yang dilakukan oleh anaknya dengan membawa motor sebelum waktunya itu salah dan berbahaya bagi keselamatan anak itu sendiri dan pengendara lain," urainya.

Karena itu, ia menegaskan mekanisme penindakan terhadap pelajar belum cukup umur yang kedapatan membawa motor nanti sedikit berbeda. "Nantinya, motor akan kami amankan terlebih dahulu dan pada saat mau pengambilan motor, orang tua harus wajib dihadirkan. Orang tua wajib mengawasi anaknya dengan cara membuat surat pernyataan terlebih dahulu," pungkas Kasatlantas Polres Pasuruan. (maf/par/rev) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...