Obor Asian Games akan Dikirab Sampai ke Puncak Gunung Ijen

Obor Asian Games akan Dikirab Sampai ke Puncak Gunung Ijen Kawah Gunung Ijen.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi Jatim mendapat keistimewaan tersendiri dari pemerintah pusat untuk menyambut datangnya Asian Games 2018. Dikarenakan Bumi Blambangan minggu depan kedatangan api obor Asian Games.

Kabupaten berjuluk Sunrise of Java ini juga dijadikan lintasan pawai api obor Asian Games yang di selenggarakan di Indonesia mulai 18 Agustus mendatang di Jakarta dan Palembang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi Wawan Yadmadi menyampaikan bahwa api obor Asian Games sudah diberangkatkan dari Negara India mulai Minggu lalu.

"Api obor akan datang ke Banyuwangi tanggal 21 juni 2018. Kedatangan api obor langsung akan kami bahwa ke kaki Gunung Ijen (Paltuding) pada pukul 19.00 WIB, dan malamnya tim pembawa obor Banyuwangi langsung membawa ke puncak gunung ijen. Besok siangnya (22/7/2018) api obor diarak keliling kota oleh atlet-atlet berprestasi dan warga Banyuwangi yang juga diiringi oleh kesenian kesenian Bumi Blambangan," teranag Wawan, Selasa (17/7/2018).

"Pawai obor Asian Games di Banyuwangi dimulai start dari stadion Diponegoro melintasi jalan kota Banyuwangi sampai menuju finish di pendopo Sabha Swagata Blambangan (Banyuwangi)," ujarnya kepada Bangsaonline.com.

Wawan mengungkapkan alasan Pemerintah pusat memilih Banyuwangi untuk promosi Asian Games karena mempunyai Gunung Ijen yang dikenal dengan ikon api biru (blue fire)-nya yang di dunia cuma ada 2.

"Selain itu juga untuk ajang promosi pariwisata menunjukan kepada Negara-negara Asia bahwa Indonesia mempunyai destinasi alam yang menawan dan menakjubkan," pungkas Wawan. (gda/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO