Libur Lebaran, Sentono Gentong akan Ditutup Sementara

Libur Lebaran, Sentono Gentong akan Ditutup Sementara Wisatawan saat berdatangan di Sentono Gentong. foto: Yuniardi S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, berencana menutup destinasi wisata Sentono Gentong saat libur lebaran nanti. Hal itu dilakukan dengan alasan keselamatan pengunjung.

"Fasilitas di lokasi wisata memang masih jauh dari sempurna, terutama akses jalan serta pagar pengaman yang berbatasan dengan lembah serta jurang. Ini pertimbangan utama kita mengapa Sentono Gentong untuk sementara waktu akan ditutup," ujar Ismono, Kades Dadapan, Senin (11/6).

Dia menyadari, rencana itu mungkin akan mengecewakan wisawatan. Terlebih para pemudik yang selama ini hanya mendengar Sentono Gentong dari pemberitaan media sosial ataupun media meanstream lainnya. Namun demikian, Pemdes Dadapan tak mau ambil risiko. Sebab, selama ini para pengunjung objek wisata berjarak kurang lebih 10 Km dari pusat kota itu sangat heterogen.

"Bukan hanya orang dewasa, namun banyak anak-anak kecil yang ikut ke sana (Sentono Gentong). Karena itu kita harus antisipasi dini, sebab sarana dan prasarana penunjang masih sangat minim," tutur mantan PNS lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Menurut rencana, Sentono Gentong sejatinya baru akan dibuka pada Januari tahun depan. Akan tetapi, tempat petilasan ulama penyebar Islam dari Kalingga tersebut sudah keburu viral di medsos. Sehingga wajar dalam beberapa bulan terakhir ini banyak wisatawan yang penasaran dan mendatangi wisata di sebuah lereng puncak tersebut. 

"Mudah-mudahan, secepatnya kita bisa menyelesaikan sarpras yang ada disana. Sehingga kedepannya Sentono Gentong bakal menjadi objek wisata alternatif selain wisata pantai dan goa," tandas Ismono. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO