​Gus Ipul Ingin Tingkatkan Investasi di Jatim Melalui "Baja Emas"

​Gus Ipul Ingin Tingkatkan Investasi di Jatim Melalui "Baja Emas" Gus Ipul dalam satu kunjungan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Investasi berbasis padat karya menjadi satu sektor ekonomi yang akan terus digenjot oleh Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf () apabila kelak terpilih. Optimalisasi penyerapan tenaga kerja diharapkan dapat berdampak positif terhadap ekonomi Jawa Timur.

Untuk memaksimalkan hal tersebut, pemrov nantinya akan merangsang investor menamkan modal di Jawa Timur dengan melalui berbagai kemudahan. Di antaranya, sektor infrastruktur.

menjelaskan, bahwa industri berbasis padat karya tak bisa dibiarkan berjalan sendiri. Perlu adanya dukungan dari pemerintah, terutama terkait penunjang aktivitas kegiatan industri.

"Industri berbasis padat karya perlu backup supaya mereka bisa bertahan. Apalagi, persaingan makin ketat. Sehingga, kita menyiapkan langkah-langkah untuk menjaga mereka agar bertahan," kata di Surabaya, Kamis (24/5/2018).

Mengutip data Badan Penanaman Modal (BPM) Jawa Timur tahun 2017, sebanyak 598.862 tenaga kerja terserap melalui investasi. Rinciannya, Penyertaan Modal Asing (PMA) sebanyak 2.527 proyek (Rp21,4 triliun rupiah) berhasil menyerap lapangan kerja sebesar 78.496 tenaga kerja.

Kemudian, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebanyak 2.165 proyek (Rp45 triliun) yang menyerap 69.290 lapangan kerja. Di luar itu, masih ada PMDN non fasilitas yang justru menyediakan lapangan kerja terbesar.

Yakni, dengan 129.260 proyek (Rp85,9 triliun) menyerap 451.076 lapangan kerja. "Kedepan, investasi inilah yang akan kami dorong. Kita bersyukur, di tahun 2017 lalu, ada 400-500 ribu lebih lapangan pekerjaan yang tersedia. Baik dari PMA, PMDN, maupun investasi non fasilitas," jelas .

Untuk menunjang hal ini, pemerintah provinsi nantinya akan memberikan dukungan dari berbagai sektor. Di antaranya penyediaan infrastruktur.

Secara spesifik, kandidat yang berpasangan dengan Cawagub, Puti Guntur Soekarno ini telah menyiapkan program Baja Emas yang merupakan kepanjangan dari Perbaikan Jalan untuk Ekonomi Masyarakat.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO