Minggu, 26 Mei 2019 11:20

Warga RT 04 Mojolangu Tetap Kompak Tolak Pembangunan Perumahan SBR, Ini Alasannya

Rabu, 23 Mei 2018 22:53 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Warga RT 04 Mojolangu Tetap Kompak Tolak Pembangunan Perumahan SBR, Ini Alasannya
Salah seorang pekerja SBR sedang mengecat tembok sekaligus kawasan akses masuk yang ditolak warga RT 04 Mojolangu. foto: IWAN/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Warga Jl. Candi Mendut 3 RT 04 RW 10 Kelurahan Mojolangu, Lowokwaru Kota Malang tetap sepakat menolak penggunaan akses pintu masuk (portal) untuk pembangunan perumahan Sekar Bumi Residence (SBR) di RT 4 RW 8 Bukirsari Kelurahan Tulusrejo yang berbatasan dengan RT 04 RW 10 Kelurahan Mojolangu. Kesepakatan ini berdasarkan rapat warga yang digelar pada 06 Juni 2017 lalu.

"Kami bersama warga Candi Mendut 3 (RT 04) tentunya memiliki beberapa alasan menolak pihak SBR dalam memakai akses (portal) sebagai sarana keluar masuk keperluan pengisian material," kata Supriyadi, salah seorang warga RT 04 RW 10 Kelurahan Mojolangu.

"Pertama, pihak pengembang tidak bersosialisasi terlebih dahulu, tahunya langsung menyodorkan keterangan mau membangun. Kedua, banyak kegiatan keagamaan di Masjid Mujahidin. Satu contoh, santri TPQ Masjid Mujahidin kerap bermain di kawasan pintu masuk Masjid sehingga rawan karena banyak anak kecil. Berikutnya, pengembang kurang memiliki rasa sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Mungkin karena dirinya merasa bukan warga Mojolangu, sehingga enggan berpartisipasi kepada warga sekitar," kata Supriyadi, yang juga mantan Ketua RT 04 ini.

Ia mengungkapkan jika sebelumnya pihak pengembang telah mencoba menggunakan jasa seorang warga bernama Bambang Sutejo untuk menyampaikan kepada warga akan membantu perluasan jalan di kawasan Masjid Mujahidin plus membuatkan pos penjagaan.

"Takmir masjid sendiri tidak menyetujuinya, dan tidak pernah mengajukan perluasan. Namun pengumuman pembangunan mengatasnamakan takmir masjid, sebagaimana terpampang di pagar halaman sisi utara masjid tersebut," terang Supriyadi, didampingi Ketua RT 4 Zaenal Arifin.

"Warga gak mempermasalahkan pengembang membangun SBR itu. Asalkan menggunakan akses lainnya, selain di Jl. Candi Mendut 3," tegasnya.

Sementara Hari Siswanto selaku Ketua RW 10 Mojolangu menyampaikan bahwa pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan terhadap warga. "Jika warga mengizini ya monggo, jika tidak diizinkan ya harus legowo cari jalan alternatif lainnya," ucapnya.

Terpisah, Windu Sasongko selaku perwakilan dari pengembang SBR menuturkan jika rencananya pihaknya akan membuat 13 unit rumah cluster di atas tanah seluas sekitar 1500 meter persegi. Ia mengakui jika mayoritas warga masih menolak pembangunan tersebut, meski legalitas formal sudah ia kantongi.

Ditanya apakah sudah pernah melakukan koordinasi dengan warga, Windu menegaskan jika itu bukan ranahnya. "Itu kewenangannya pak Syafiq, termasuk hal lainnya. Apalagi menyangkut kepribadian orang lain, maaf saya gak tahu," tukasnya.

"Tanah yang akan kami bangun ini kami beli dari keluarga Sutomo pada tahun 2017 lalu. Pembagunan akan berlanjut ketika sudah ada persetujuan warga," imbuhnya.

Terpisah, Camat Lowokwaru Imam Badar mengatakan pihaknya masih menunggu hasil koordinasi dari pihak Satpol PP Kota Malang. "Kami juga akan melakukan koordinasi di tingkat bawah, mengumpulkan para pihak seperti RT, RW, Lurah serta pihak pengembang untuk membantu mencarikan jalan keluarnya," kata Imam Badar. (iwa/thu/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...