Pengunjung Berharap Wisata Sentono Gentong segera Dipasang Pagar Pengaman

Pengunjung Berharap Wisata Sentono Gentong segera Dipasang Pagar Pengaman Lokasi wisata Sentono Gentong. Tampak sebagian lokasi hanya dipasang tali rafia sebagai tanda batas aman. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSANOLINE.com - Pengunjung wisata bukit Sentono Gentong Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, berharap sarana dan prasarana wisata yang berjarak kurang lebih 7 Km dari pusat kota tersebut ditambah.

Selain akses jalan yang masih sempit, wisatawan berharap ke depan dibangun pagar pengaman yang lebih memadai.

"Sebenarnya saya miris melihat pengunjung yang melakukan swafoto berdekatan dengan bibir tebing. Sebab seandainya terjadi sesuatu, jurangnya sangat dalam dan sulit dilakukan evakuasi," terang Sugiharto, salah seorang pengunjung.

"Selama belum ada pembatas, sebaiknya diseterilkan dulu dari pengunjung. Atau bila mana perlu ditempatkan petugas penjaga. Sebab tiupan angin sangat kencang, dan mayoritas lokasi wisata itu masih berupa hamparan tanah lempung yang mudah longsor," jelasnya.

Pantauan wartawan di lapangan, memang ketinggian pagar pengaman serta skat besi pembatas masih perlu ditambah. Sebab pagar tersebut masih memungkinkan untuk diterobos anak-anak. Selain itu, beberapa titik juga masih belum terpasang pagar pengaman. Padahal titik lokasi itu berbatasan dengan lembah serta jurang sangat curam.

Terkait hal ini, Kades Dadapan Ismono mengaku jika pemerintah desa sebagai pihak pengelola saat ini hanya memasang tali plastik rafia berwarna merah sebagai tanda batas titik aman bagi pengunjung.

"Ini sementara, mengingat kemampuan anggaran masih sangat terbatas. Ke depannya semua akan kita pasang pagar keliling dengan ketinggian memadai," ujar Ismono, Kades Dadapan, Kamis (10/5).

Sekadar informasi, hampir tiap hari ratusan wisatawan datang berkunjung ke petilasan pertapaan Syeh Subakir tersebut. Selain view pemandangan yang begitu indah sehingga cocok untuk spot foto, para pelancong juga betah berlama-lama lantaran hembusan angin yang begitu sejuk. Tak jarang dari mereka mengikut sertakan anggota keluarganya. Termasuk anak-anak kecil, juga nampak berkeliaran di sekitar lokasi wisata Sentono Gentong. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO