​Musda KNPI XII Digelar di Surabaya, Calon Ketua Mengerucut Pada Tiga Nama

​Musda KNPI XII Digelar di Surabaya, Calon Ketua Mengerucut Pada Tiga Nama

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Musyawarah Daearah (Musda) XII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur digelar di Surabaya, tanggal 9-11 Mei 2018. Musda akan dibuka oleh Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman. Selain Pangdam, Kakanwil Hukum dan HAM Jawa Timur, Susy Susilawati juga dijadwalkan hadir. Kakanwil Hukum dan HAM didaulat memberikan penjelasan terkait ormas yang legal dan berbadan hukum.

Ketua Panitia Pelaksana Musda KNPI XII, Aan Ainur Rofik mengungkapkan, Sekjen DPP KNPI, Ilyas Indra Damarjati, Abraham Srijaya dan Andi Budi Sulistijanto dari jajaran DPP KNPI dipastikan hadir. Pihaknya juga mengundang 25 Pengurus DPD KNPI Kabupaten/Kota serta 43 organisasi kepemudaan atau OKP. Seluruhnya adalah pemilik suara dalam Musda XII. Aan mengakui, pihaknya juga mengundang DPD KNPI dan OKP yang ikut dalam Musda KNPI di Trenggalek.

“Semua pemilik suara kami undang, baik DPD KNPI maupun OKP, termasuk mereka yang sempat hadir di Musda Trenggalek. Soal legalitas dan keabsahan, nanti ada Kakanwil yang akan memberikan penjelasan,” tutur Aan, Selasa (8/5).

Mantan Ketua Umum PMII Cabang Surabaya ini membeberkan, sejauh ini calon Ketua KNPI Jatim mengerucut pada tiga nama. Mereka adalah Ahmad Fajar Ridwan Hisjam (Fajar), Ali Affandi (Andi) dan Felix Susanto (Felix). Fajar adalah putera politisi Golkar, Ridwan Hisjam. Sedangkan Andi adalah putera Ketua Kadin dan Pemuda Pancasila Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti. Sementara Felix adalah Bendahara Karang Taruna Jatim.

Aan melanjutkan, ketiga nama tersebut berhak menjadi kandidat ketua KNPI Jatim bila mengantongi sejumlah syarat. Diantaranya mendapat dukungan dari 3 DPD KNPI Kabupaten/Kota dan 6 OKP sebagai pemilik suara. Nantinya syarat itu akan diverifikasi sebelum penetapan calon ketua KNPI Jatim.

“Syarat dukung bagi calon ketua KNPI Jatim akan kami verifikasi. Bila verifikasi sah, maka langsung dilakukanpenetapan calon dan kemudian masuk agenda utama, yakni pemilihan ketua,” urai Wakil Sekretaris PW GP Ansor Jatim ini.

Terpisah, Felix Susanto mengaku mendapat dorongan serta dukungan maju sebagai calon ketua KNPI Jatim. Besarnya dukungan dari DPD KNPI dan OKP membuat Bendahara Karang Taruna Jatim ini mantap maju sebagai calon ketua KNPI.

Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim ini berjanji, bila dirinya terpilih menjadi ketua KNPI akan mengakomodir semua pihak. Baik yang mendukung maupun mantan kompetitornya. Bahkan politisi muda Partai Demokrat ini juga membuka pintu rekonsiliasi kepada pengurus KNPI versi Musda Trenggalek.

“Kalau saya terpilih, saya akan buka peluang rekonsiliasi dengan pengurus KNPI versi Trenggalek. Saya berharap KNPI di Jawa Timur bisa bersatu lagi,” pungkasnya. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO