Pemkot Kediri Jajaki Kerja Sama Bisnis dengan Kotawaringin Timur

Pemkot Kediri Jajaki Kerja Sama Bisnis dengan Kotawaringin Timur Kepala DPMPTSP Kota Kediri Anang Kurniawan saat melakukan penandatangan kerja sama dengan Pemkab Kotawaringin Timur. foto: ARIF K/ BANGSAONLINE

KOTAWARINGIN TIMUR, BANGSANOLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menjajaki kerjasama bisnis di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dengan datang langsung ke Sampit.

“Ini adalah kunjungan awal untuk membuka komunikasi antara kedua daerah. Nanti akan ada tindak lanjut pertemuan=pertemuan baik antara pengusaha dan pengusaha, hingga antara kedua pemerintah daerah yang difasilitasi Kadin masing-masing bisa menghasilkan kerja sama yang bagus untuk saling mengembangkan perekonomian,” kata Ketua Kadin Kota Kediri, Muhammmad Solikin.

Solikhin datang didampingi pejabat dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bidang Promosi dan Investasi, serta Dinas Koperasi Dan Tenaga Kerja Kota Kediri. Mereka datang atas undangan Kadin Kotawaringin Timur.

Didampingi Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo, rombongan Kadin dan Pemerintah Kota Kediri bertemu Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor. Selanjutnya, mereka akan bertemu dengan sejumlah pimpinan satuan organisasi perangkat daerah dan pengusaha Kotawaringin Timur.

Solikhin menilai dan yakin akan banyak potensi yang bisa dikerjasamakan. Kadin bersama pemerintah daerah kedua daerah perlu bersinergi untuk membnagun kerja sama dalam banyak hal, khususnya ekonomi dan pariwisata.

Kadin dan pemerintah daerah menjadi pembuka jalan. Harapannya, nantinya pengusaha besar dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kedua daerah akan dapat membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan, tidak terkecuali bagi kedua pemerintah daerah.

Bagi Kota Kediri yang mengandalkan sekktor perdagangan dan jasa, banyak hal yang berpotensi dikerjasamakan dengan Kotawaringin Timur yang kaya dengan sumber daya alam. Misalnya, alih tekhnologi dan kerjasama potensi lainnya.

“Harapan kami akan ada kerjasama, khususnya antara pengusaha kedua daerah. Ke depannya bisa dikembangkan ke bidang-bidang lainnya, termasuk sinergi investasi. Bisa pengusaha Kediri investasi di sini, bisa juga sebaliknya. Mudah-mudahan bisa membawa manfaat bagi pengusaha kedua daerah, termasuk dalam bidang sektor UMKM,” harap Solikhin.

Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor sangat menyambut baik dibukannya keran kerja sama antara dua daerah ini. Dia berharap ini menjadi sarana bagi pelaku UMKM dan pengusaha besar di Kotawaringin Timur untuk memperluas usaha dan pemasaran.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO