Lebih Sejuk, Kantor Kecamatan Tuban Punya Taman Agro dan Kebun Buah

Lebih Sejuk, Kantor Kecamatan Tuban Punya Taman Agro dan Kebun Buah

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kecamatan Tuban yang berada di Jalan Sunan Kalijaga, Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban tampak lebih sejuk dan sedap dipandang. Setiap sudut kantor tersebut dipenuhi dengan berbagai tumbuhan dengan warna hijau.

Sosok sang Erkhamni lah yang berada di belakang rimbunnya kontor kecamatan saat ini. Akibat sentuhan tangan dingin Camat Tuban itu, kantor kecamatan yang dulunya gersang saat ini banyak ditumbuhi tumbuhan dan tanaman konsumtif.

Erkhamni menyatakan tak butuh waktu lama untuk mengembangkan berbagai taman itu, hanya sekitar 6 sampai 8 bulan. Ada berbagai macam sayur-sayuran bisa ditemukan di Taman Agro kecamatan tersebut. Di antaranya, sawi, selada, kangkung, bayam, tomat, timun, cabai, brokoli, gambas, kulbis, labu, waluh, dan berbagai sayuran lainnya.

“Semua sayuran hidup, perawatannya tidak membutuhkan biaya yang banyak dan pemeliharaannya cukup mudah, ini semua hasil swadaya para pegawai dan dapat dimanfaatkan para ibu-ibu PKK,” terang Erkhamni kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (29/4).

Tidak hanya di halaman kantor kecamatan, mantan Camat Tambakboyo tersebut juga menyulap bagian belakang kantor kecamatan. Berbagai pohon buah-buahan ditanam di lahan seluas sekitar 2.000 meter persegi itu. Meliputi jeruk nipis 28 pohon, kelengkeng 18 pohon, sawo 23 pohon, jambu kristal 16 pohon, jambu air 12 pohon, dan alpukat 8 pohon.

“Total sebanyak 100 pohon yang kita tanam. Sudah berulang kali kita melakukan panen untuk sayurnya, kalau buah ini sudah mulai, khususnya kelengkeng dan sawo,” imbuhnya.

Diceritakan Erkhamni, ide pembuatan taman agro itu muncul setelah sebelumnya penanaman bunga kurang memberikan manfaat. “Kalau kita tanam sayur dan buah kan hasilnya bisa kita manfaatkan bersama. Ini pertama kali kita buat di kecamatan, semoga tempat lain bisa membuat yang seperti ini atau malah bisa lebih bagus lagi,” bebernya.

"Penataan taman tersebut dibuat sedemikian rupa dengan mempertimbangkan estetika, sehingga terlihat rapi," ujarnya.

Pihaknya juga mendirikan sebuah gazebo untuk dapat dijadikan sebagai tempat peristirahatan sekaligus menikmati sejuknya tanaman agro tersebut. “Pertama hanya sedikit, namun kelihatan bagus sehingga kita kembangkan hingga seperti saat ini, ada juga sebuah kolam yang mampu menampung sekitar 6.000 ekor lele,” pungkasnya. (gun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO