Teras Warna, Berdayakan Pemuda di Kampung Terhimpit Mall

Teras Warna, Berdayakan Pemuda di Kampung Terhimpit Mall Ide yang terealisasi. foto: AINUR ROFIIQI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Teras Warna membantu kembangkan potensi pemuda untuk hidupi kampung.

Tidak disangka kampung yang berada di tengah kota, di pinggir mall besar Tunjungan Plaza Kota Surabaya masih ada sekelompok pemuda yang aktif menghidupkan kampung. Mereka berkumpul di salah satu rumah warga di Kaliasin Gang 2. Faisal, begitu akrab disapanya, dia selaku tuan rumah dari Teras Warna sekaligus pencetus ide Teras Warna.

Saat Faisal melihat Karang Taruna di kampungnya aktif kembali, dirinya mengaku terketuk hati untuk ikut berperan. Faisal melihat bahwa teman-teman Karang Taruna membutuhkan tempat yang lebih luas untuk berkegiatan dan mengembangkan potensi. Maka dengan pertimbangan keluarga, teras rumahnyalah yang disediakan untuk teman-teman Karang Taruna dan warga kampung Kaliasin.

Teras Warna yang ada sejak tahun 2014 memiliki beberapa kegiatan harian bahkan tahunan. Sehari-harinya Teras Warna terbuka untuk semua warga kampung. Pada hari kamis, mereka mengadakan belajar bersama. Kegiatan ini banyak diikuti oleh kalangan anak-anak mulai SD sampai SMP. Di lain waktu waktu, Faisal menuturkan bahwa anak-anak juga diajak untuk mengasah kemampuan motoriknya.

"Kebetulan istri berlatar belakang seni rupa, dia mengajak anak-anak untuk menggambar wajah dengan berbagai karakter atau emosi, dan disisipi dengan nasihat-nasihat tentang emosi baik amarah dan sebagainya," jelas Faisal saat ditemui Bangsa Online.

Hal demikian dilakukan untuk mengurangi permainan gadget anak-anak di dalam aktifitas kesehariannya. Di samping itu, dengan kegiatan motorik mereka ikut senang dan tidak mengeluh. "Karena apabila digunakan metode belajar dengan ceramah tanpa dikemas dengan permainan anak-anak akan mengeluh, satu diantaranya mengatakan begini kok belajar lagi, belajar lagi ya," tambah Faisal.

Sumber: *M Ainur Rofiiqi

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO