Rabu, 03 Juni 2020 22:53

​Listrik Padam saat UNBK, Belasan Siswa SMK Sunan Bejagung Panik

Selasa, 03 April 2018 22:19 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Listrik Padam saat UNBK, Belasan Siswa SMK Sunan Bejagung Panik
Suasana sekolah tampak lengang saat berlangsung UNBK.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Sunan Bejagung, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengalami hambatan dengan matinya listrik di wilayah tersebut, Selasa (3/4).

Sontak akibat kejadian tersebut, para siswa peserta ujian panik karena khawatir akan jawabannya terhapus dan hilang dari komputer. Padamnya listrik tersebut juga membuat pelaksanaan UNBK molor dari jadwal seharusnya. Seharusnya UNBK dimulai pukul 07.30 WIB hingga 09.30 WIB, karena ada kendala molor sampai 10.30 WIB.

Kepala TU SMK Sunan Bejagung Muhammad Haris mengaku jika terjadi membuat pelaksanaan UNBK mengalami sedikit kendala. Apalagi sekolah tersebut pertama kalinya melaksanakan ujian berbasis komputer. Beruntung, pihak sekolah telah mengantisipasi dengan mempersiapkan perangkat genset untuk dipergunakan jika terjadi hal-hal yang tidak terduga, sehingga pelaksanaan UNBK dapat dilanjutkan.

“Jelas sangat mengganggu pelaksanaan UNBK dan Psikologis siswa itu sendiri, karena ini pengalaman pertama kita ikut UNBK. UNBK tertunda sekitar 45 menit, akhirnya pelaksanaan ujian dilanjut dengan menggunakan genset,” bebernya.

Hal tersebut disayangkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Tuban Edy Sukarno. Ia mengatakan, jika jauh sebelum pelaksanaan ujian, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan PLN setempat untuk tidak dilakukan pemadaman listrik saat berlangsungnya UNBK.

“Ya benar tadi ada laporan dari salah satu sekolah SMK di Semanding yang mengalami sedikit kendala dengan adanya listrik padam, kita telah berkoordinasi dengan PLN setempat untuk segera mengatasi kendala teknis itu,” ujar Edy Sukarno saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com.

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Tuban Junaidi mengaku jika putusnya arus listrik tersebut bukan karena faktor kesengajaan. Pihaknya membenarkan telah menerima laporan dari salah satu sekolah yang mengeluhkan terjadinya mati listrik. Namun setelah dilakukan penelusuran oleh tim lapangan untuk segera menindaklanjuti penyebab terputusnya aliran listrik tersebut.

“Terjadinya listrik padam yang menimpa SMK Sunan Bejagung karena adanya sambungan jaringan listrik yang tertimpa ranting pohon, yakni di Desa Bektiharjo akibat salah satu ranting pohon menimpa jaringan kabel sehingga mengalami pemadaman,” kata Junaidi.

Akibat kejadian tersebut, pelaksanaan UNBK di SMK Sunan Bejagung mengalami kendala selama sekitar satu jam. (gun/rev) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...