Khofifah: Pasar Tradisional Harus Kembali Digalakkan

Khofifah: Pasar Tradisional Harus Kembali Digalakkan Khofifah saat berkunjung ke pasar Templek Kota Blitar, Sabtu (31/1).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Guna memacu pertumbuhan ekonomi, Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat menggalakkan kembali belanja di pasar tradisional. Hal itu diungkapkan Khofifah saat berkunjung ke pasar Templek Kota Blitar, Sabtu (31/1).

Namun untuk menggalakkan program belanja ke pasar tradisional, menurut Khofifah, harus dimulai dengan perbaikan infrastruktur pasar. Ia mencontohkan pasar Templek Kota Blitar, di mana saat ia berkunjung banyak pedagang mengeluhkan jika pedagang yang berada di dalam pasar justru sepi pembeli.

Pembeli memilih belanja kepada penjual yang membuka lapak di luar pasar. Kondisi ini dipengaruhi karena infrastruktur pasar yang kurang mendukung. Sehingga pembeli enggan masuk pasar. Padahal aktivitas jual beli di pasar Templek Kota Blitar terlihat cukup ramai.

"Jika infrastrukturnya bagus, kualitas barangnya kompetitif, harganya kompetitif ke depan masyarakat bisa kembali diajak kembali belanja ke pasar tradisional," ungkap Khofifah.

Menurut dia, saat ini untuk kalangan masyarakat kelas menengah saja sudah jarang yang terlihatbelanja di pasar tradisional. Kebanyakan lebih memilih pasar modern.

"Kecuali mereka yang punya asisten rumah tangga, baru mau belanja di pasar tradisional," jelasnya.

Usai kunjunganya ke pasar Templek Kota Blitar, Khofifah melanjutkan langsung bertolak ke stadion Srengat Kabupaten Blitar untukmenghadiri Harlah Muslimat NU. Sebelumnya Khofifah juga sempat berkunjung dan menyapa sejumlah pedagang di pasar Kademangan, Kabupaten Blitar. (ina/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO