Waspadai, Penyakit Mastitis Bisa Turunkan Produksi Susu

Waspadai, Penyakit Mastitis Bisa Turunkan Produksi Susu Para peternak diberikan bimbingan teknis higien sanitasi peternakan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Tidak semua peternak sapi perah di Kabupaten Pasuruan memahami kebersihan kandang bagi ternak kesayangan mereka. Padahal, eksistensi kandang yang bersih selain untuk menjaga kesehatan hewan dari penyakit, juga berfungsi untuk memproteksi dari serangan penyakit Mastitis.

Menurut keterangan Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, Drh Irianto didampingi Drh Panti Apsari dari Bidang Kesmavet, bahwa wilayah Kabupaten Pasuruan memang terkenal dengan peternak sapi perah, akan tetapi tidak semuanya mengatahui cara manajemen ternak yang benar.

”Memang tidak semua, tapi ada sebagian peternak yang belum memahami secara menyeluruh meskipun sudah diberi sosialisasi,“ jelasnya.

Dia mencontohkan, ada peternak yang kurang memperhatikan kebersihan kandang dan tata cara pemerahan sapi yang betul. Padahal kandang yang kotor sangat rentan bagi sapi perah terserang penyakit Mastitis (peradangan pada ambing/puting susu).

Jika ternak sudah terjangkit penyakit Mastitis, berdampak pada menurunnya produksi susu sapi, karena ambing/puting mengalami peradangan akibat terserang bakteri. Penyakit tersebut sejatinya tidak berbahaya dan dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihabn kandang dan kebersihan sapi. Selain itu juga peternak harus selalu mencuci tangan saat akan memerah susu.

“untuk sapi yang tersang mastitis harus dipisahkan, agar tidak menular ke sapi lainya dan diobati dengan antibiotik,“ bebernya.

Pencegahan lain yang perlu diperhatikan, adalah pendidikan terhadap peternak soal prinsip pencegahan penyakit. Hindarkan kemmungkinan adanya hal-hal yang menyebabkan luka pada ambing atau puting susu. Baik melalui cara pemerahan maupun adanya lantai kandang yang dapat menyebabkan luka. (bib/par/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO