Ribuan Penari Topeng Ramaikan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1214

Ribuan Penari Topeng Ramaikan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1214 Para seniman saat menunjukkan seni tari dalam rangka puncak hari jadi Kabupaten Kediri ke-1214 di area SLG. foto: ARIF K/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka puncak acara hari jadi Kabupaten Kediri ke-1214, Pemerintah Kabupaten Kediri mengadakan seni tari budaya dan pasar rakyat yang dilakukan di monumen Simpang Lima Gumul (SLG), Kecamatan Ngasem, Minggu (25/3).

Agenda Seni Tari kolosal sebelum dibuka oleh Bupati Kediri Haryanti Sutrisno lebih dulu dilakukan upacara yang dilakukan di lapangan Pemerintahan Kabupaten Kediri.

Dalam keteranganya, Haryanti Sutrisno menjelaskan jika kegiatan tari kolosal ini merupakan puncak dari hari jadi kabupaten Kediri ke-1214. Kegiatan tari kolosal ini melibatkan anak sekolah, dengan tujuan dari momen hari jadi ini untuk semangat bagawanta bahari untuk membawa kabupaten Kediri lebih maju lagi dan lagi.

"Kita libatkan anak sekolah agar mereka bisa ngurus ngiri budaya," kata Haryanti saat ditemui di agenda kegiatan di SLG

Ada sekitar 1500 penari lebih dari beberapa sekolahan SD dan SMP yang dilibatkan dalam tari kolosal topeng menthul ini. Tari yang ditampilkan semua tari Jawa, di antaranya tari kucing, tari pentul maroco, dan tari rangkain hari jadi kabupaten Kediri.

Terpisah, Joko Susilo selaku Ketua Panitia Hari jadi Kabupaten Kediri ke-1214 menjelaskan jika puncak hari jadi kabupaten Kediri tidak hanya dilakukan acara puncak tari kolosal. Namun juga ada pasar rakyat yang menampilkan produk unggulan di kabupaten Kediri melalui UMKM .

Diperkirakan pengunjung yang datang menyaksikan agenda kegiatan puncak hari jadi kabupaten Kediri mencapai ribuan. "Memang untuk kegiatan hari jadi kabupaten Kediri ke-1214 pengunjung membludak, tidak saja di acara tarian kolosal, namun juga pameran pasar rakyat," pungkas Joko yang juga Assisten Pemerintah Kabupaten Kediri. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO