Kamis, 22 Agustus 2019 21:28

Punya Komitmen pada Pesantren, Ulama Ponorogo Dukung Khofifah-Emil

Sabtu, 24 Maret 2018 22:50 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Tim
Punya Komitmen pada Pesantren, Ulama Ponorogo Dukung Khofifah-Emil
Khofifah Indar Parawansa bersama KH Marhaban Ahmad dan para aktivis di Ponorogo Jawa Timur, Sabtu (24/3/2018). Foto: isitmewa/bangsaonline.com

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Para kiai dan ulama Ponorogo ternyata mencermati kualitas dan komitmen keagamaan para calon Gubernur Jawa Timur. Karena itu mereka lalu mengundang Khofifah Indar Parawansa menghadiri pertemuan ulama dan pengasuh pesantren di Ponorogo Jawa Timur. Khofifah diajak berbincang sejumlah program-program pemberdayaan pesantren.

Pertemuan Khofifah bersama kiai dan ulama Ponorogo itu digelar di Ponpes Sendang Drajat, Ponorogo, Sabtu (24/3/2018).

Upacara tersebut dihadiri sejumlah ulama, kiai dan pengasuh pesantren dari sejumlah wilayah di Ponorogo.

Tak pelak, begitu para kiai pesantren itu paham komitmen Khofifah terhadap pesantren, semua kiai dan ulama dari wilayah Ponorogo itu langsung mendukung Khofifah. K.H. Marhaban Ahmad sebagai inisiator acara mengatakan Khofifah adalah sosok yang pas untuk memimpin Jawa Timur.

"(Sosok yang) bagus Alhamdulillah, Insyaallah mendukung semua. Kami tidak mengatasnamakan suatu golongan, tapi untuk rahmatan lil 'alamiin," kata Pengasuh Pondok Pesantren Ilhamulqudus tersebut.

Majunya Khofifah sebagai Calon Gubernur diharapkan bisa mewakili suara warga santri. Selain itu, kesejahteraan warga pesantren dari guru hingga santrinya bisa terjamin.

"Harapan kami mudah-mudahan yang ada di Ponorogo diopeni, fisiknya mulai dari bangunannya, guru-gurunya kesejahteraan kiainya. Mungkin Bosda (Bantuan Operasional Madrasah) dan sebagainya. Selama ini pesantren belum tersentuh Jawa Timur secara keseluruhan".

Sementara itu, Khofifah mengatakan pesantren adalah basis dari pembentuk kesadaran pancasila di masyarakat. Sehingga, membenahi infrastruktur dan menjamin kesejahteraan guru-guru pesantren adalah kewajiban.

"Pancasila pertama mengajak kita, peneguhan aspek-aspek spritiualitas dan religiusitas terbangun cukup kuat di pesantren-pesantren. Kalau infrastruktur bisa terbangun dengan baik. Saya rasa prosesnya akan lebih kualitatif dan representatif," ucap Khofifah.

Dalam safarinya, Khofifah mengatakan sudah menyiapkan strategi jitu untuk menjamin kesejahteraan guru-guru pesantren. Komitmen Khofifah untuk memberi kesejahteraan pesantren ini termaktub dalam Jatim Berkah.

Khofifah-Emil mengagas penguatan peran Pondok Pesantren dalam mendorong partisipasi sekolah dan menyediakan beasiswa S2 khusus guru diniyah.

"Di dalam Nawa Bhakti Satya Kita sudah menyebut apakah Bosda Madin (Bantuan Operasional Madrasah Diniyyah) ataukah guru Madin, kita ingin meningkatkan, sampai dengan S2" pungkasnya. (tim)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...