Warga Desa Ngreco Pacitan Temukan Batu Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit

Warga Desa Ngreco Pacitan Temukan Batu Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit Batu relief saat dibersihkan warga. Batu tersebut diduga peninggalan Kerajaan Majapahit. (ist)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, , digemparkan dengan penemuan arca purbakala dengan lukisan relief. Benda bersejarah itu ditemukan sejumlah warga, Selasa (13/2).

Joko Putro Utomo, Camat Tegalombo membenarkan adanya penemuan seonggok batu alam dengan ukiran relief bergambar layaknya pesinden. "Kami menduga benda tersebut benda bersejarah yang harus kita lestarikan," ujarnya.

Menurutnya, dugaan terhadap asal-usul benda tersebut nampaknya sedikit ada titik terang. Sebab kemarin komunitas penggemar benda purbakala dari Madiun menyempatkan diri melihat dan sekilas melakukan penelitian terhadap benda tersebut.

"Diduga benda tersebut peninggalan Kerajaan Majapahit. Sebab sebagaimana nama lokasi penemuannya, yaitu Desa Ngreco, disinyalir ada keterkaitannya dengan arca/patung. Artinya, di lokasi tersebut pada zaman dulu kala kemungkinan sempat dijadikan lokasi ritual untuk ngalap berkah. Utamanya para waranggono atau pesinden kerajaan," jelas mantan Camat Donorojo ini.

Joko berharap, benda tersebut benar memiliki nilai sejarah setelah nanti dilakukan penelitian ahli arkeologi dari Jogjakarta. Sehingga, Kecamatan Tegalombo bisa dijadikan tujuan wisata, terutama yang bersentuhan dengan nilai-nilai sejarah zaman kerajaan dulu.

Saat ini ia mengaku telah memerintahkan ke pemerintah desa setempat untuk menulis surat kepada bupati ikhwal penemuan benda berwujud batu dengan lukisan relief tersebut. "Batu bersejarah itu dengan tinggi 1,5 meter dan panjang 1,5 meter," sebut Joko.

Saat ini batu yang kuat diduga sebagai petilasan era Kerajaan Majapahit tersebut masih menjadi tontonan warga. Bahkan tak jarang para pengendara yang melintas di Desa Ngreco menyempatkan diri berhenti sejenak untuk melihat benda unik tersebut. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO