Rabu, 22 Mei 2019 18:48

IDFoS Bojonegoro Dorong Warga Manfaatkan BUMDesa untuk Wirausaha

Sabtu, 10 Februari 2018 01:51 WIB
Wartawan: Eky Nurhadi
IDFoS Bojonegoro Dorong Warga Manfaatkan BUMDesa untuk Wirausaha

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Lembaga Swadaya Masyarakat IDFoS Indonesia di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendorong masyarakat memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) untuk berwirausaha guna menambah perekonomian.

"Masyarakat bisa memproduksi produk sendiri, kemudian dipasarkan dan dikelola sendiri. Juga bisa melakukan usaha lainnya," kata Ahmad Muhajirin salah satu anggota IDFoS saat memberikan penjelasan kepada masyarakat dan pemerintah Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jumat (9/12).

Dia mengapreaiasi masyarakat yang menginginkan kemajuan di desa. Padahal, kata dia, letak geografis desa ini cukup jauh dari kota Bojonegoro.

"Ini menjadi contoh juga untuk desa-desa lain di kecamatan Ngasem dan Kecamatan lainya di Bojonegoro, bahwa masyarakat bisa memanfaatkan BUMDes untuk mendongkrak ekonomi," bebernya.

Nyamirin, Ketua BUMDesa Bandungrejo mengungkapkan, bahwa ada banyak usulan atau program dari masyarakat, tetapi sementara pihaknya fokus pada satu rencana bisnis dahulu, yakni ternak ayam petelur.

"Karena potensi pasar yang sangat luar biasa, dan penjualan bisa sampai luar kota Bojonegoro mulai Blora hingga Lamongan," ucapnya.

Dia yakin penjualan telur yang telah dikembangkan laku dipasaran juga di kalangan masyarakat umum, karena setiap keluarga maupun catering dan restoran setiap hari membutuhkan telur.

"Pendampingan dan pengarahan dari IDFoS terus kami harapkan agar BUMDes yang kali kelola ini terus berjalan," ucapnya menambahkan.(nur/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...