IDFoS Bojonegoro Dorong Warga Manfaatkan BUMDesa untuk Wirausaha

IDFoS Bojonegoro Dorong Warga Manfaatkan BUMDesa untuk Wirausaha

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Lembaga Swadaya Masyarakat IDFoS Indonesia di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendorong masyarakat memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) untuk berwirausaha guna menambah perekonomian.

"Masyarakat bisa memproduksi produk sendiri, kemudian dipasarkan dan dikelola sendiri. Juga bisa melakukan usaha lainnya," kata Ahmad Muhajirin salah satu anggota IDFoS saat memberikan penjelasan kepada masyarakat dan pemerintah Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jumat (9/12).

Dia mengapreaiasi masyarakat yang menginginkan kemajuan di desa. Padahal, kata dia, letak geografis desa ini cukup jauh dari kota Bojonegoro.

"Ini menjadi contoh juga untuk desa-desa lain di kecamatan Ngasem dan Kecamatan lainya di Bojonegoro, bahwa masyarakat bisa memanfaatkan BUMDes untuk mendongkrak ekonomi," bebernya.

Nyamirin, Ketua BUMDesa Bandungrejo mengungkapkan, bahwa ada banyak usulan atau program dari masyarakat, tetapi sementara pihaknya fokus pada satu rencana bisnis dahulu, yakni ternak ayam petelur.

"Karena potensi pasar yang sangat luar biasa, dan penjualan bisa sampai luar kota Bojonegoro mulai Blora hingga Lamongan," ucapnya.

Dia yakin penjualan telur yang telah dikembangkan laku dipasaran juga di kalangan masyarakat umum, karena setiap keluarga maupun catering dan restoran setiap hari membutuhkan telur.

"Pendampingan dan pengarahan dari IDFoS terus kami harapkan agar BUMDes yang kali kelola ini terus berjalan," ucapnya menambahkan.(nur/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO