Rabu, 22 Agustus 2018 14:01

IDFoS Bojonegoro Dorong Warga Manfaatkan BUMDesa untuk Wirausaha

Sabtu, 10 Februari 2018 01:51 WIB
Wartawan: Eky Nurhadi
IDFoS Bojonegoro Dorong Warga Manfaatkan BUMDesa untuk Wirausaha

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Lembaga Swadaya Masyarakat IDFoS Indonesia di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendorong masyarakat memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) untuk berwirausaha guna menambah perekonomian.

"Masyarakat bisa memproduksi produk sendiri, kemudian dipasarkan dan dikelola sendiri. Juga bisa melakukan usaha lainnya," kata Ahmad Muhajirin salah satu anggota IDFoS saat memberikan penjelasan kepada masyarakat dan pemerintah Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jumat (9/12).

Dia mengapreaiasi masyarakat yang menginginkan kemajuan di desa. Padahal, kata dia, letak geografis desa ini cukup jauh dari kota Bojonegoro.

"Ini menjadi contoh juga untuk desa-desa lain di kecamatan Ngasem dan Kecamatan lainya di Bojonegoro, bahwa masyarakat bisa memanfaatkan BUMDes untuk mendongkrak ekonomi," bebernya.

Nyamirin, Ketua BUMDesa Bandungrejo mengungkapkan, bahwa ada banyak usulan atau program dari masyarakat, tetapi sementara pihaknya fokus pada satu rencana bisnis dahulu, yakni ternak ayam petelur.

"Karena potensi pasar yang sangat luar biasa, dan penjualan bisa sampai luar kota Bojonegoro mulai Blora hingga Lamongan," ucapnya.

Dia yakin penjualan telur yang telah dikembangkan laku dipasaran juga di kalangan masyarakat umum, karena setiap keluarga maupun catering dan restoran setiap hari membutuhkan telur.

"Pendampingan dan pengarahan dari IDFoS terus kami harapkan agar BUMDes yang kali kelola ini terus berjalan," ucapnya menambahkan.(nur/ian)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...