120.999 Personel Gabungan Bakal Amankan Pilkada Serentak 2018 di Jatim

120.999 Personel Gabungan Bakal Amankan Pilkada Serentak 2018 di Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 120.999 personel gabungan akan diterjunkan dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jawa Timur (Jatim) tahun 2018. Jumlah tersebut terdiri dari di 27.840 personel Polri, 6.210 personel TNI, dan 86.949 personel Linmas.

Angka tersebut disampaikan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Irjen Pol Machfud Arifin saat memimpin gelar pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2018. Apel ini diikuti 18 satuan setingkat Kompi (SSK), dan 2 Satuan Setingkat Peleton (SST) di lapangan Upacara Mapolda Jatim, Jumat (5/1).

Machfud Arifin didampingi Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Widodo Iryansyah saat menjadi inspektur upacara tersebut. "Dari Kodam itu belum termasuk non call kalau terjadi apa-apa mereka siap. Di satuan-satuan batalyonnya itu ada semuanya," rinci Kapolda.

Dalam amanatnya, Machfud Arifin menyampaikan bahwa apel tersebut menandakan tahapan Pilkada yang ada di Jawa Timur sudah mulai berjalan. "Di situlah kita hadir mengamankan setiap aktivitas kegiatan sebagai rangkaian tahapan Pilkada," lanjutnya.

Sementara kerawanan dalam setiap tahapan Pilkada, disebutkan Kapolda bisa berupa informasi miring di media sosial, konflik pada masa kampanye, konflik kewilayahan serta money politik. "Itu semua harus kita antisipasi," tegasnya.

Mengantisipasi konflik kewilayahan, jajarannya juga telah melakukan maping dengan mengacu pada Pilkada tahun sebelumnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO