Minggu, 24 Januari 2021 09:48

Ketika Pecinta Hp Jadul Hunting Model di Gresik

Senin, 11 Desember 2017 22:26 WIB
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Ketika Pecinta Hp Jadul Hunting Model di Gresik
Para pecinta Hp jadul saat memotret model. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komunitas Handphone jadul mengadakan acara hunting foto menggunakan kamera Hp jadul dengan model gadis cantik berhijab di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Kabupaten Gresik, Senin (11/12/2017).

Komunitas dari Gresik, Lamongan, dan Surabaya (Gerilya) mengadakan kontes foto dan hunting bareng pengambilan gambar menggunakan berbagai kamera Handphone Jadul.

Terlihat beberapa peserta dengan serius memotret model cantik berhijab dari Hijabers Gresik dan juga obyek motor antik yang sudah disiapkan panitia untuk dijadikan obyek pengambilan gambar.

M. Soepadi, fotografer yang juga penggagas acara menyatakan memotret menggunakan kamera Hp jadul tidak semudah yang dibayangkan.

Beberapa peserta harus memastikan titik fokus objek yang terkadang bergerak, serta peserta harus melakukan penyesuaian cahaya pengambilan gambar agar hasilnya bisa maksimal.

“Beberapa peserta ada yang menggunakan jenis Hp lawas yang tidak diproduksi lagi saat ini, namun hasil kameranya sangat bagus dan teknologinya jarang ditemui pada kamera Hp Android jaman sekarang,” katanya.

Dia mengungkap, ada sisi unik dari pengambilan gambar maupun hasil gambar melalui kamera Hp jadul, di antaranya ada beberapa yang masih memiliki resolusi kecil, ada kemampuan lain seperti ditananamkannya Xenon Flash yang biasa kita jumpai pada kamera Profesional DSLR, maupun kamera digital.

“Seperti kamera dari Hp Sony Ericsson lawas tipe Cybershoot yang tidak di produksi lagi ini, ada kemampuan Xenon Flash seperti pada kamera DSLR maupun kamera Digital. Selain itu di beberapa Hp jadul juga ada yang berkamera dengan lensa professional sehingga menghasilkan gambar yang jernih," terangnya.

Puas melakukan pengambilan gambar dengan Hp jadul, para peserta langsung mentransfer hasilnya ke media sosial seperti Instagram, Facebook, dan berbagai sosial media lainnya setelah terlebih dahulu diberi sentuhan efek pewarnaan yang ada di sosial media tersebut.

Rofi Rosidah, Miss Hijabers Gresik yang menjadi model pada acara ini mengatakan bahwa Hp jadul tidak kalah dengan Hp zaman sekarang. “Ndak kalah sih Hp jadul dengan hp zaman sekarang. Dengan keunikan Hpnya dan kualitas Hp jadul itu sendiri saat ini pun masih bisa dibandingkan dengan Hp zaman now," katanya.

Senada dikataka Hariati Khoiro. Miss Hijabers Gresik ini mengaku kagum dengan keunikan Hp jadul lantaran bentuknya yang berbeda beda. “Hp jadul itu sendiri ada keunikan bentuknya selain lucu dan beragam, tidak seperti bentuk hp zaman sekarang,” katanya.

Arif Rahman, Ketua Komunitas Hp Jadoel Gerilya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas untuk menarik peminat maupun pemilik Hp jadul agar tetap memakainya setiap hari.

“Agenda hunting foto bareng pakai Hp jadul merupakan kegiatan tahunan kami sekaligus dalam rangka Anniversary yang ke- 2 Komunitas Hp Jadul Gerilya,” pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...