171 Nelayan Gresik Dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan

171 Nelayan Gresik Dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan Kepala DKP Gresik Langu Pindingara ketika menyerahkan bantuan alat tangkap ikan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Gresik menyerahkan bantuan alat tangkap ikan kepada 171 nelayan di Kecamatan Panceng dan Ujungpangkah, Rabu (6/12/2017). Bantuan itu berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Sebelumnya, alat tangkap ramah lingkungan tersebut diberikan secara simbolis oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di PPI Brondong, Kabupaten Lamongan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gresik Jawa Timur Langu Pindingara berharap alat tangkap yang diberikan kepada nelayan itu dipergunakan secara baik.

"Kami menyalurkan bantuan alat tangkap dari KKP pusat. Alat tangkap yang lama seperti trawl, pukat harimau, dan cantrang akan kami sita dan musnahkan untuk diganti yang baru," paparnya.

Langu berharap, tahun depan, nelayan yang ada di Kabupaten Gresik mendapatkan alat tangkap yang ramah lingkungan sesuai dengan intruksi menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. "Tahun depan kami upayakan ada penambahan bantuan alat tangkap ramah lingkungan dari pusat. Pokoknya jangan dijual, harus dimanfaatkan sebaik mungkin," tegasnya.

Sementara Kasi Kenelayanan DKP Zainal Abidin menambahkan, pihaknya selama ini sudah gencar melakukan sosialisasi kepada nelayan agar tidak menggunakan alat tangkap yang dilarang.

"Pemberian alat tangkap ramah lingkungan merupakan salah satu yang diberikan pihak Kementerian," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO