Sebanyak 657 Jabatan Pamong Desa di Lamongan Lowong

Sebanyak 657 Jabatan Pamong Desa di Lamongan Lowong

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan,segera melakukan pengisian perangkat desa yang kosong. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Jarwito, kemarin.

"Ada 657 perangkat desa di Kabupaten Lamongan belum terisi. Pamong desa yang lowong tersebut terdapat di hampir seluruh kecamatan," ujarnya.

Menurut Jarwito, kekosongan perangkat desa terjadi dengan berbagai alasan yang berbeda-beda, di antaranya karena meninggal dunia, ada yang berhenti sendiri, serta karena masalah lainnya sehingga tidak mampu melaksanakan tugas sebagai aparatur desa.

Diungkapkannya, sebanyak 657 perangkat desa yang kosong tersebut merupakan data terakhir setelah sebelumnya terdapat 800 perangkat desa yang kosong. “Di antaranya yang sudah melaporkan kekosongan tersebut adalah di wilayah Kecamatan Modo, Pucuk, Kembangbahu, Turi, dan di Kecamatan Kalitengah ada yang kosong,” paparnya.

Jarwito juga menjelaskan, mekanisme pengisian pamong tersebut dengan rekrutmen yang panitia yang dibentuk oleh pihak desa.

“Terkait anggaranya dianggarkan di APBDes, setelah itu dibuka pengumuman. Calonnya minimal dua orang untuk masing-masing lowongan. Tentunya sebelumnya harus dimusyawarakan terlebih dulu,” papar Jarwito.

Jarwito mengimbau agar kepada tiap-tiap pemdesa agar melakukan pengisian perangkat desa sesuai dengan regulasi yang ada. “Jangan sampai perangkat menjadi cacat saat dilantik atau sesudah dilantik, agar tidak memunculkan persolaan di kemudian hari,” pungkasnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO