Hindari Konflik, Pacitan segera Perjelas Batas Wilayah

Hindari Konflik, Pacitan segera Perjelas Batas Wilayah Sanyoto

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Hampir seluruh desa/kelurahan di Kabupaten belum memiliki batas wilayah yang jelas. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa , Sanyoto, ada 171 desa serta 5 kelurahan di 12 kecamatan yang masih perlu pendataan serta identifikasi berkelanjutan terkait batas-batas wilayahnya.

"Hal tersebut sebagai upaya awal untuk meminimalisir terjadinya konflik horizontal. Meski selama ini persoalan tersebut belum pernah terjadi di ," katanya, Kamis (12/10).

Bukan hanya desa dan kelurahan, level kecamatan, bahkan kabupaten, juga perlu adanya progress pendataan. "Memang di masa lalu pernah dilakukan pendataan oleh Bakosutarna. Akan tetapi kami memprediksi, data-data tersebut masih perlu dilakukan update. Sebab kebanyakan batas-batas atau peta-peta wilayah itu hanya dilakukan secara turun-temurun atas cerita dari para leluhur. Sehingga kevalidannya mungkin masih perlu kajian ulang," jelas mantan Kepala Badan Satpol PP ini.

"Ketentuan luas wilayah dengan batas-batas wilayah yang akurat akan berbanding positif dengan kebijakan fiskal. Selain pendekatan indikator jumlah penduduk serta indek geografis wilayah. Batas wilayah jadi persoalan sangat strategis, khususnya menyangkut potensi serta aset-aset yang ada," tandas dia.

Hampir senada diungkapkan Hendrik Mujianto, Kasubag Tata Pemerintahan Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Setkab . Ia menegaskan selama ini semua desa/kelurahan di sejatinya sudah memiliki batas-batas wilayah yang jelas. Hanya saja, penetapan batas-batas tersebut berlangsung sejak era penjajahan Belanda, Jepang hingga era kemerdekaan. 

"Sehingga perlu adanya pendataan ulang, agar didapat peta terkait batas wilayah yang lebih akurat," timpalnya secara terpisah. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO