Clean Up Day Serentak 22 Provinsi se-Indonesia

Clean Up Day Serentak 22 Provinsi se-Indonesia Sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas sosial sedang melakukan aksi bersih-bersih pantai.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam berbagai komunitas sosial, berkumpul di pesisir Pantai Pancer Door , Minggu (8/10). Bukan tanpa sebab, mereka ternyata akan melakukan aksi bersih pantai.

Aksi sosial yang dilakukan lebih dari 500 orang itu dalam rangka medukung Gerakan Indonesia Clean Up Day yang dilaksanakan secara serentak oleh 22 Provinsi. Sedangkan untuk Jawa Timur sendiri, diikuti oleh Kabupaten dan Banyuwangi.

Koordinator Komunitas Lingkungan (Klimis) Anita Bidariyati menjelaskan, Indonesia clean up day adalah satu aksi dalam rangka mendorong kemandirian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan, utamanya mendorong kemandirian masyarakat untuk bijak terhadap sampah.

"Konsentrasi acara ini bukan hanya dilakukan di pantai tapi bisa juga dilakukan dilingkungan terdekat kita. Intinya bagaimana mendorong masyarakat untuk pentingnya memperhatikan likungan secara mandiri," katanya.

Terpisah, Ketua Surf Club Khoirul Amin menambahkan, Indonesia clean up dan yang dilakukan di itu dipelopori oleh surf club dan Klimis.‎ 

"Kegiatan ini harapannya sebagai pembuka dari aktifitas sadar lingkungan yang lain. Kami sangat prihatin dengan viral salalh satu pantai di Bali yang penuh sampah. Di Pancer Door ini, semoga tidak seperti itu. Dan semoga masyarakat tidak buang sampah di sungai, karena sampah dari sungai turunnya pasti kelaut," tuturnya. (pct1/yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO