Siswa Al Muslim Sidoarjo Galang Dana Peduli Muslim Rohingya

Siswa Al Muslim Sidoarjo Galang Dana Peduli Muslim Rohingya ANTUSIAS: Kegiatan manasik haji siswa KB-TK-SD Al Muslim yang juga diselingi aksi peduli Rohingya, Sabtu (9/9). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 950 lebih siswa-siswi KB-TK-SD Al Muslim menggalang dana peduli bagi kaum muslim Rohingya yang tengah mengalami kekerasan di Myanmar.

Empati ini dilakukan di tengah kegiatan Manasik Haji, di sekolah Al Muslim, di kawasan Wadungasih Kecamatan Waru, Sabtu (9/9). Selain menggalang dana kemanusiaan, para siswa juga melaksanakan salat gaib bagi muslim Rohingya yang menjadi korban kekerasan.

Humas Sekolah Al Muslim, Siti Aminah mengatakan, kegiatan manasik haji kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena selain ditanamkan semangat berhaji, juga ditanamkan semangat peduli pada sesama muslim, khususnya muslim Rohingya di Myanmar.

"Kami berharap ini memupuk kepedulian terhadap sesama muslim," cetus Siti Aminah.

Selain penggalangan dana langsung, aksi peduli Rohingya dilakukannya melalui bazar. Hasil penjualan barang, makanan dan minuman dalam bazar ini, akan didonasikan untuk korban Rohingya.

Dari penggalangan dana oleh siswa ini, terkumpul dana hampir Rp 40 Juta. “Alhamdulilah, empati para siswa yang kita kumpulkan mencapai Rp 40 juta. Donasi ini akan kita sampaikan ke Bank Syariah Mandiri untuk bisa didistribusikan kepada saudara kita di Rohingya,” beber Kepala TK Al Muslim, Siti Umroh.

Sementara itu, dalam manasik haji, para siswa KB-TK-SD Al Muslim berbaju ihram sebagaimana yang dilakukan jemaah haji di tanah suci. Mereka memutihkan hall indoor SD. Menjelang wukuf, seluruh siswa melantunkan kalimat talbiyah.

Selain belajar pelaksanaan rukun haji, siswa juga diajak merasakan langsung beratnya melaksanakan ibadah haji, di mana harus berdesakan dengan ribuan hingga jutaan umat Islam lainnya dari mancanegara. Usai thawaf, siswa menggelar doa keselamatan untuk muslim Rohingya, dipimpin oleh Ustadz Muzakki. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO