PW Ansor Jatim Imbau Tak Gegabah Sikapi Tragedi Rohingya

PW Ansor Jatim Imbau Tak Gegabah Sikapi Tragedi Rohingya Ketua PW GP Ansor Jatim Rudi Triwahid (tiga dari kiri) ditemani Sekretaris PW GP Ansor Jatim Ahmad Tamim, Ketua PCNU Kota Surabaya Alaik S Hadi serta beberapa anggota Ansor-Banser. foto: yudi a/ bangsaonline

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski belum tahu permasalahan mendasar yang menyebabkan terjadi tindak kekerasan hingga pembunuhan massal terhadap warga musllim di Myanmar, PW GP Ansor Jatim tetap meyakini terjadi suatu tragedi kemanusiaan.

“Jangan melakukan hal-hal yang menimbulkan kegaduhan. Lakukan hal-hal yang menyelesaikan masalah. Misi kita tergantung pemerintah karena ini lintas Negara. Apabila Pemerintah membutuhkan relawan kemanusian kita siap,” tegas Ketua PW GP Ansor Jatim Rudi Triwahid usai Salat Gaib serta Istigotsah Ansor-Banser di Musala PWNU Jatim, Senin (4/9/2017) siang.

Rudi menegaskan, Salat Gaib serta Istighotsah Ansor-Baser adalah aksi nyata yang bisa dilakukan oleh sahabat-sahabat GP Ansor. Ia mengimbau kepada seluruh umat Islam di Jatim khususnya para sahabat Ansor lain di tingkat cabang, anak cabang hingga ranting yang belum sempat hadir untuk melakukan hal yang sama.

Saat ditanya tentang kesiapannya apabila Pemerintah membutuhkan relawan perang, Rudi menegaskan bahwa Ansor siap untuk itu. “Kita berharap tidak terjadi perang karena itu bukan solusi. Langkah terbaik dan harus cepat dilakukan adalah diplomasi. Kita maunya ada solusi penghentian kekerasan di Myanmar,” tandasnya.

Selain Salat Ghaib dan istighotsah, Ansor Jatim akan melakukan aksi nyata mereka berupa penggalangan bantuan mulai tingkat ranting, anak cabang, cabang, wilayah hingga pusat. “Meski secara teknis masih belum dirumuskan, kita akan galang bantuan itu mulai tingkat ranting NU selama empat hari lalu dikirim ke PAC selama dua hari, ke PC selama dua hari lalu ke PW baru kemudan ke tingkat pusat,” urainya.

Terkait tuntutan untuk menarik Dubes RI di Myanmar atau sebaliknya, Rudi mengusulkan untuk tidak melakukan hal tersebut. “Misalnya kita menarik Dubes RI lalu mengusir Duta Besar Myanmar itu malah nantinya kita tidak bisa melakukan apa-apa. Kita tidak bisa masuk ke negaranya karena secara otomatis hubungan diplomatic terputus,” pungkasnya.

Rudi juga menyayangkan terjadinya pelemparan bom Molotov di Kedubes Myanmar yang terjadi pada Minggu (3/9) dini hari lalu, di Jakarta. Menurutnya, hal tersebut tidak menyelesaikan masalah malah bisa menimbulkan masalah baru di dalam negeri. (ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO