Mantan Begal Motor Tobat, Sukses Budidaya Lele

Mantan Begal Motor Tobat, Sukses Budidaya Lele Abdul Muin sedang memanen lele bersama tiga kerabat yang membantunya.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Hidup Abdul Muin (34), warga Dusun Tampung Selatan, Desa Tampung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, benar-benar berubah. Ia yang dulunya begal motor, kini telah tobat dengan merintis usaha ternak lele.

"Saya merintis usaha ternak lele sejak setahun lalu. Alhamdulillah, tiga kali panen dapat untung lumayan. Bibit 1,5 kwintal hasil panen dapat 1,5 ton," aku Muin.

Untuk menjalankan bisnisnya itu, Muin memanfaatkan blumbang (tandon air) milik kerabatnya yang tidak lagi digunakan dengan kedalaman 2 meter dan luas 6 meter.

Muin menjelaskan, sebelumnya dia berternak lele hanya dengan modal nekat dan uang Rp 1,4 juta. Namun ia sangat bersemangat lantaran didukung kerabat dan keluarganya. "Teman-teman mendukung. Saya dulu begal motor. Sekarang tobat. Hasil dari budidaya lele sudah cukup buat keluarga," ujarnya.

Meski sudah sukses, namun Muin masih berniat mengembangkan usahanya karena di samping blumbang masih terdapat lahan kosong. Namun, ia terkendala modal. Untuk itu, ia berharap bantuan dan bimbingan dari pemerintah daerah. (psr4/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SMPN 1 Kertosono Launching Digitalisasi Sekolah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO