Senin, 18 Januari 2021 14:20

Inspiratif, Penganut Kejawen di Ngawi Sedekahkan 40 Pohon Jati untuk Renovasi Masjid Dusun

Senin, 12 Oktober 2020 20:48 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Inspiratif, Penganut Kejawen di Ngawi Sedekahkan 40 Pohon Jati untuk Renovasi Masjid Dusun
Sertu Sudiono, Babinsa Desa Tawun dibantu warga memotong puluhan pohon jati milik Mbah Sawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Setiap orang bisa bersedekah dengan berbagai cara dan dalam bentuk apapun, tidak harus dalam bentuk uang. Seperti yang dilakukan oleh Sawiyem (60), warga Dusun Mencon, Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Ngawi ini. Ia bersedekah dengan menyerahkan 40 pohon jati miliknya untuk merenovasi sebuah masjid di dusunnya.

"Saya memang sengaja menyerahkan untuk infak pohon jati ini. Karena saya hanya mempunyai pohon jati yang bisa saya sedekahkan," tuturnya saat ditemui BANGSAONLINE.com, Senin (12/10).

Padahal rumah tempat tinggalnya sendiri nampak sangat sederhana dan jauh dari mewah. Sedangkan kayu jati yang diserahkan untuk proses perbaikan masjid di dusunnya tersebut jika diuangkan senilai ratusan juta rupiah.

Yang lebih hebat lagi, pria sederhana yang sehari-hari mengandalkan hidupnya dari bertani tersebut bukan penganut agama Islam yang tekun, melainkan penganut aliran kepercayaan (kejawen).

"Memang saya tidak pernah ke dalam masjid, tapi saya sudah ikhlas dengan apa yang dapat saya berikan untuk warga sini. Dan saya minta Pak Babinsa untuk membantu mengawasi, mulai dari pemotongan sampai berdirinya masjid," urainya.

Dari informasi warga sekitar pun, bahwa yang membangun masjid pertama kalinya juga Mbah Sawi, sapaan sehari-hari Sawiyem di lingkungan sekitar dusunnya.

"Masjid Al Iksan yang membangun awal juga Pak Sawiyem dan untuk renovasi ini kembali menyedekahkan kayu jati miliknya," terang Sertu Sudiono, Babinsa Desa Tawun.

Dari tokoh masyarakat setempat dan warga sangat mendukung dari niatan Mbah Sawi untuk membantu merenovasi masjid dusun dengan menyerahkan kayu jati tersebut. (nal/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...