Sabtu, 28 Maret 2020 20:50

Begini Perjuangan Mahsus Mujib, Wisudawan S2 Unisma Asal Lergunung Bangkalan

Sabtu, 26 Oktober 2019 19:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Begini Perjuangan Mahsus Mujib, Wisudawan S2 Unisma Asal Lergunung Bangkalan
Mahsus Mujib, M.Pd beserta Sofiatul Jannah (istri) dan Keluarga Besarnya.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kebahagian dan kebanggaan nampak dari raut wajah pria 27 tahun asal Desa Lergunung, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan.

Dialah Mahsus Mujib, pria yang lahir pada 18 Mei 1992, anak pasangan dari H. Mujib dan Hj. Qibtiyah ini mampu menyelesaikan S2-nya di Universitas Malang (Unisma) tepat pada 26 Oktober 2019. Banyak suka duka yang dialami Mahsus Mujib dalam menyelesaikan S2-nya ini, hambatan, tantangan, serta rintangan terus datang.

Di masa-masa perkuliahannya, dia selalu naik sepeda motor antara Bangkalan-Malang. Begitu juga saat pulang, bolak balik Malang-Bangkalan naik angkutan umum adalah suatu hal biasa baginya untuk sekadar mengikuti jam perkuliahan.

Sedangkan untuk menutupi kebutuhan biaya kuliah dan biaya menghidupi istri dengan satu anaknya, dia harus bekerja serabutan (apa saja) agar terpenuhi kebutuhan. Ditambah lagi, Mahsus masih harus membantu 1 adiknya yang masih duduk di MTs.

Untuk menyelesaikan pendidikan Strata II, Wisudawan Unisma periode ke-63 Semester Genap 2018/2019 ini pun rela bolak balik Bangkalan-Malang meninggalkan anak dan istrinya di rumah.

Bahkan untuk menutupi biaya mulai kebutuhan pekuliahan dan keluarga, Mahsus sempat mencoba meraup penghasilan dengan menjadi driver ojek online. "Driver online bro," ujarnya ke BANGSAONLINE.com.

Kesibukan Mahsus luar biasa, selama kuliah dia masih aktif berbagai organisasi, mulai dari organisasi kemasyarakat dan kepemudaan, serta sebagai tenaga pendidik.

Selain itu, Mahsus masih menjadi pengurus organisasi kepemudaan, sebagai wakil Ketua Forum Komunikasi Pemuda Anti Narkoba (FKPAN) Jawa Timur periode 2017-2020. Ia selalu berusaha menyeimbangkan dengan pekerjaan, termasuk juga mengajar di sekolah seperti mengajar di SD pagi hari.

"Sementara di sore harinya mengajar di madrasah diniyah (Madin)," jelas mantan Ketua IPNU Bangkalan periode 2014-2016 ini.

Ke depan, pria yang hobi makan bakso ini akan lebih konsentrasi ke pengembangan pendidikan. "Apalagi. saat ini saya guru di salah satu SDN Kraton III Bangkalan sebagai tenaga hononer," 

Dia saat ini lagi merintis sekolah diniyah lewat Yayasan Cahaya Ilmu yang menaungi Madrasah Diniyah Al Hasani, sekaligus sebagai ketua yayasan serta kepala sekolah di SMP Az-Zainiyah Airmata, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan.

Suami dari Sofiatul Jannah ini berharap ke depan bisa mengembangkan pendidikan agama khususnya di Tahfiz Al Quran, mengingat istri Mahsus Mujib juga seorang Hafizah Al Quran.

Namun saat ini, Sofiatul Jannah masih menempuh S2 di Fakultas Usuluddin Prodi Al Quran dan Tafsir atas beasiswa bagi Tahfiz Al Quran dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. (uzi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...