Belajar tentang PHBS, 236 Anggota TP PKK Kabupaten Merangin Kunjungi Desa Sambogunung Gresik

Belajar tentang PHBS, 236 Anggota TP PKK Kabupaten Merangin Kunjungi Desa Sambogunung Gresik Ketua TP PKK Gresik Hj. Maria Ulfa Sambari saat mendampingi rombongan PKK Kabupaten Merangin keliling Desa Sambogunung. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 236 anggota PKK Kabupaten Merangin Provinsi Jambi berkunjung ke Desa Sambogunung Kecamatan Dukun yang baru-baru ini menyabet juara nasional dalam lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Rabu (23/8/2017).

Rombongan dipimpin oleh Ketua TP PKK Kabupaten Merangin Hesnidar Haris didampingi Wakil Ketua Emi Minarsih Khafid bersama anggota TP PKK desa se-Kabupaten Merangin.

Kedatangan 236 anggota TP PKK se-Kabupaten Merangin tersebut langsung disambut oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfa Sambari dengan didampingi oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gresik Hj. Zumrotus Sholichah Qosim serta para kader PKK dan masyarakat desa setempat.

Ketua TP PKK Kabupaten Merangin mengatakan, bahwa kedatangannya beserta rombongan bertujuan untuk belajar tentang PHBS di Desa Sambogunung. Juga untuk peningkatan kapasitas para Ketua TP PKK se-Kabupaten Merangin.

“Kami ingin belajar terkait penerapan PHBS di Desa Sambogunung. Kami penasaran, apa saja program-program yang diterapkan sehingga Desa Sambogunung mampu meraih prestasi di tingkat nasional. Di sisi lain juga kami ingin bersilaturrahmi,” jelasnya.

Sementara Hj. Maria Ulfa Sambari selaku Ketua TP PKK Gresik langsung mengajak para rombongan untuk berkeliling Desa Sambogunung. Ia dengan gamblang menjelaskan 10 indikator Rumah Tangga ber-PHBS.

“Sepuluh indikator tersebut antara lain persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di setiap rumah seminggu sekali, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah,” paparnya.

Maria berharap agar program-program yang dicanangkan di Desa Sambogunung terkait PHBS dapat diterapkan di Kabupaten Merangin dan kabupaten-kabupaten lainnya. Sehingga, dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga apa yang dilihat dan dipelajari para ibu-ibu TP PKK Kabupaten Merangin bisa menambah pengetahuan dan memberi manfaat pada semuanya, sehingga nantinya dapat diterapkan dengan baik,” harapnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO