Sedekah Bumi di Kedanyang, Wabup Qosim dan Kades Minta Warga Jaga Kerukunan

Sedekah Bumi di Kedanyang, Wabup Qosim dan Kades Minta Warga Jaga Kerukunan Bupati Sambari (dua dari kiri) dan Wabup Qosim (dua dari kanan) saat menggotong gunungan sedekah bumi di Desa Kedanyang, Kebomas. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, HARIAN BANGSA - Warga Kedanyang, Kecamatan Kebomas, mengadakan acara tradisi sedekah bumi, Sabtu (12/8). Kegiatan tahunan tersebut dihadiri ratusan warga, tokoh masyarakat dan kiai. Wabup Moh. Qosim dan sejumlah pejabat Muspika (musyawarah pimpinan kecamatan) di Kebomas turut hadir.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Kedanyang yang telah membantu kami dalam melaksanakan pembangunan. Saya minta tetap guyub dan tradisi gotong royong tetap dijaga," ujar Wabup, Moh Qosim.

Sementara Kades Kedanyang, Almuah mengatakan, bahwa sedekah bumi ini merupakan tradisi syukuran. Warga membuat gunungan di mana puncaknya berupa sejumlah hasil pertanian seperti padi sebagai simbol kemakmuran.

“Selama ini hasil pertanian warga Kedanyang sangat menggembirakan. Benih, pupuk dan obat-obatan tersedia dengan cukup serta hasil panen melimpah melebihi target. Jadi, sedekah bumi ini mengandung makna syukuran atas kesejahteraan masyarakat Desa Kedanyang," kata dia.

Almuah juga mengajak masyarakat menjaga kebersamaan dalam membangun desa, dan pentingnya transparansi dalam menjalankan roda pemerintahan. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO