Bahan Baku Garam Langka, Banyak Pabrik Berhenti Beroperasi Sementara

Bahan Baku Garam Langka, Banyak Pabrik Berhenti Beroperasi Sementara Salah satu pabrik pengolahan garam di Pamekasan yang berhenti beroperasi karena kesulitan mendapatkan bahan baku.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kelangkaan dan melambungnya harga garam yang terjadi belakangan ini mengakibatkan banyak perusahaan pengelola garam untuk konsumsi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur tidak beroperasi. Ini disebabkan karena mereka kesulitan untuk mendapatkan bahan baku.

"Karena sulitnya bahan baku garam saat ini, banyak perusahaan yang memproduksi garam untuk konsumsi berhenti sementara (tidak berproduksi)," ujar Agus Sumatri warga desa Pandan, salah satu pelaku garam, Kamis (27/07).

Kelangkaan stok garam yang terjadi berefek pada sejumlah karyawan perusahaan. Banyak di antara mereka yang tidak bekerja karena aktivitas produksi sudah berhenti.

"Kami terpaksa merumahkan sementara semua pekerja saat ini," ungkap dia.

Dia menyebutkan, penghentian produksi juga dialami beberapa Industri Kecil Menengah (IKM) lainnya yang bahan bakunya memerlukan garam.

"Saat ini kita kesulitan mencari garam di tingkat petani dan harganya sudah cukup melambung," jelas dia.

Selama bertahun-tahun dirinya menggeluti bisnis pengolahan garam konsumsi, baru kali ini mengalami krisis bahan baku akibat cuaca yang tidak menentu, Pungkas Agus. (err/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO