Mitos Burung Perkutut dari Kebahagiaan, Kekuasaan dan Kekayaan

Mitos Burung Perkutut dari Kebahagiaan, Kekuasaan dan Kekayaan Burung perkutut putih

Tidak henti-hentinya orang jawa selalu mempercayai primbon-primbon atau kisah jaman kerajaan, salah satunya adalah tentang perkutut. Konon, perkutut adalah hewan jelmaan para pangeran Majapahit. Menurut primbon Jawa “barang siapa yang menemukan atau memelihara burung dengan berciri-ciri loreng di lehernya tanpa putus, maka dia bersama pangeran Majapahit dan akan dibawakan kebahagiaan kepada pemiliknya”.

Burung perkutut di Indonesia, apalagi di Jawa, memang memiliki unsur gaib. Orang asing selalu heran dengan orang Jawa karena jenis perkutut di negara asing merupakan burung yang dapat hidup mandiri tanpa bantuan manusia serta dilepas bebas.

Berikut di bawah ini adalah 5 jenis perkutut yang dipercaya dapat memberikan kebaikan kepada pemiliknya, yaitu:

1. Perkutut Katuranggan

Merupakan perkutut yang dapat memberikan kesenangan, kebahagian dan ketenteraman kepada pemiliknya dan lingkungan keluarga yang dekat dengan burung katuranggan.

Ciri perkutut katuranggan ini adalah memiliki bunyi / suara yang berbeda pada umumnya. Untuk bentuk fisiknya sama persis dengan perkutut jawa pada lainnya

2. Perkutut Songgo Ratu

Perkutut songgo ratu adalah perkutut dari putra raja dari Bali yang dahulunya melarikan diri di kota Banyuwangi karena dikejar musuh-musuh. Saat ketika putra raja tersebut terbunuh saat melarikan diri, dia menjelma renkarnasi menjadi perkutut atau dinamakan sebagai perkutut songgo ratu.

Tanda atau ciri utama dari perkutut songgo ratu adalah bentuk fisik pada kepala jambul, paru dan kaki bewarna gelap. Jenis perkutut bertuah ini juga memiliki habitat aneh yang disukai yaitu pada area yang sepi seperti goa, kuburan, rumah angker dan sebagainya.

3. Perkutut Lurah

Lihat juga video 'Ratusan Karyawan PT Simone Bogor Mengalami Kesurupan Massal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO