Bupati Bojonegoro: PKH Efektif Entas Kemiskinan

Bupati Bojonegoro: PKH Efektif Entas Kemiskinan

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Program Keluarga Harapan (PKH) terbukti mampu mengentaskan kemiskinan di beberapa daerah. Bahkan Kabupaten Bojonegoro yang sebelumnya menjadi daerah termiskin di Jawa Timur kini mampu keluar dari zona itu.

Hal ini diungkapkan Bupati Bojonegoro Suyoto, saat mendampingi Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, memberikan bantuan PKH nontunai di desa Dolog Gede Kecamatan Tambakrejo, Jumat (23/6).

"Tahun 2000 Bojonegoro jadi daerah termiskin di Jatim. Setelah ada PKH kita keluar dari 'kutukan' itu. Ini bukti bahwa program ini mampu menyejahterakan masyarakat miskin," tambah Bupati yang akrab dipanggil Kang Yoto ini.

Lanjutnya, beberapa pengusaha yang ditemuinya ternyata alumni PKH. Ini membuktikan bahkan program ini efektif mengentas kemiskinan. "Ini bukti Program Keluarga Harapan mampu mengeluarkan masyarakat dari kemiskinan," ujar Kang Yoto.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa di hari ke-28 Romadhon semakin sibuk dengan PKH. Langkah ini dilakukan karena beban masyarakat bertambah jelang lebaran. Apalagi kali ini bebarengan dengan memasuki tahun ajaran baru yang otomatis kebutuhan keluarga akan bertambah. "Dengan begini orang tua bisa menjawab pertanyaan anaknya memasuki tahun ajaran baru," terangnya.

Menurutnya, dari pengajuan sejumlah penerima bantuan ini, bahwa anak-anak mereka sudah waktunya mengganti alat kebutuhan sekolah. "Meski di Hari Raya, kalau kebutuhan sekolah anak terpenuhi, hati mereka akan tenang," kata Khofifah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO