Petrokimia Gresik Punya 9 Gerai Petromart Tersebar di Seluruh Jatim

Petrokimia Gresik Punya 9 Gerai Petromart Tersebar di Seluruh Jatim Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PG Arif Fauzan saat membuka gerai Petromart. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - PT (PG) kembali membuka gerai pertanian Petromart di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (26/5/2017). Peresmian ini sekaligus menandai pembukaan lima gerai Petromart lainnya di Jawa Timur seperti Pasuruan, Bondowoso, Tuban, Batu, dan Malang.

Peresmian enam Petromart ini semakin melengkapi Petromart yang sudah ada terlebih dahulu di Gresik (2015), Bojonegoro (2016), dan Nganjuk (2017). Dengan demikian, PG memiliki total sembilan Petromart yang seluruhnya berada di Jawa Timur.

Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PG Arif Fauzan menyatakan bahwa Petromart merupakan gerai atau toko pertanian yang menjual secara retail produk pupuk non-subsidi dan produk pengembangan PG group seperti produk hayati, benih, produk olahan pangan, serta pestisida.

“Pengembangan Petromart di daerah ini merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar dan sebagai usaha PG untuk semakin mendekatkan diri dengan konsumen serta memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Sejak pertama kali diluncurkan, lanjut Arif Fauzan, Petromart mendapat tanggapan positif dari masyarakat.

Selain menjawab kebutuhan petani di desa, Petromart juga menyasar kebutuhan pertanian dan perkebunan masyarakat perkotaan (urban farming).

“Berdasarkan analisa usaha atau feasibility study, Petromart sangat layak untuk dikembangkan menjadi suatu entitas bisinis di daerah,” jelas Fauzan usai meresmikan Petromart Probolinggo di Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/5/2017).

Dalam perluasan Petromart, PG menggandeng Koperasi Karyawan Keluarga Besar (K3PG) yang mengelola Petromart di Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Tuban, dan Batu. Sedangkan Petromart di Kabupaten Malang dikelola oleh PT Gresik Cipta Sejahtera (GCS) yang juga masih satu grup dengan PG.

Dengan tagline “Solusi Lengkap Pertanian”, Petromart tidak sekedar menjual kebutuhan sarana produksi pertanian, melainkan juga menyediakan layanan konsultasi bagi konsumen.

Dengan demikian, Petromart merupakan one stop shopping yang tidak sekedar menjual produk, tetapi juga memberikan solusi terhadap berbagai masalah pertanian.

“Petromart siap menerima konsultasi konsumen terkait aplikasi produk, rekomendasi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan sebagainya,” papar Arif Fauzan.

Lebih lanjut Arif Fauzan menjelaskan bahwa kehadiran Petromart di daerah tidak dimaksudkan untuk berkompetisi dengan kios-kios pertanian yang sudah ada, melainkan sebagai pelengkap dan penyuplai produk-produk pengembangan dan produk non-subsidi ke kios-kios yang telah ada (existing).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO