Warga Kebonagung Dihebohkan Munculnya Sumber Air Hangat, Dipercaya Berkhasiat

Warga Kebonagung Dihebohkan Munculnya Sumber Air Hangat, Dipercaya Berkhasiat Warga berbondong-bondong mendatangi sumber air hangat di Kebonagung, Porong.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Kebonagung, Kecamatan Porong, Minggu (09/04) kemarin digegerkan fonomena alam berupa munculnya sumber mata air di kedalaman 50 centimeter. Sumber air ini terletak di Dusun Kendal RT 26 RW 05, tepat berada di depan halaman rumah kepala Desa Kebonagung, Sumanto Dwi Retno.

Selain terasa hangat, airnya juga jernih. Bahkan, beberapa warga percaya air ini dapat menyembuhkan segala macam jenis penyakit. Tak pelak kabar dari mulut ke mulut ini membuat warga sekitar berbondong-bondong memadati lokasi untuk mendapatkan air tersebut.

Kejadian fonomena alam ini terjadi pada Sabtu 08 April 2017, sekitar pukul 07.00 WIB. Pertama kali yang mengetahui sumber air ini adalah Glendang (50) warga setempat. Semula Glendang sedang duduk-duduk di teras rumah. Ia kemudian mendapati kepulan asap putih. Setelah itu asap putih mengepul, dan semakin membesar. Merasa curiga dan penasaran, asap itu kemudian dihampirinya.Merasa ketakutkan, temuan tersebut diberitahukan kepada kepala desa, Sumanto Dwi Retno.

"Asap itu menuju ke pot bunga. Warga yang tidak serantan karena penasaran seketika beramai-ramai melakukan penggalian. Setelah digali sedalam 50 centimeter, sumber mata air hangat langsung keluar dari rongga-rongga tanah," ujar Glendang.

Glendang menambahkan, bahwa sebelumnya, sekitar sebulan yang lalu, dirinya sempat melihat cahaya berwarna hijau dari tanah lokasi sumber air itu.

"Beberapa saat berganti warna biru dan merah. Maunya rencana saya ambil, namun warna merah menyerupai bola api semakin membesar. Saya ketakutan dan lari ke dalam rumah. Setelah itu saya tidak menggubrisnya lagi," ungkapnya.

"Saya tidak tahu, sebelumnya itu firasat atau tidak. Anehnya sejak digali warga dan airnya dikonsumsi serta diambil menggunakan botol mineral dan jerigen berukuran 25 liter, airnya tidak susut dan tidak habis. Padahal warga yang datang sudah banyak mencapai 100 orang. Selain itu airnya jika dikonsumsi dapat dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit," kata Glendang.

Sementara Kades Kebonagung, Sumanto Dwi Retno mengatakan pihaknya sebelumnya juga tidak percaya adanya sumber mata air hangat tersebut.

"Sebelum digali warga, tanah mengeluarkan asap. Kemudian digali sedalam 50 centimeter, tiba-tiba mengeluarkan air yang jernih dan hangat. Semenjak temuan fonomena alam ini, warga Tambakrejo, Porong dan sekitarnya mengambil. Bahkan airnya dibuat mandi tetap tidak habis. Di kawasan Dusun Kendal, Kebonagung mulai dulu tidak ada saluran pipa PDAM maupun saluran pipa gas," pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO