Rabu, 21 Agustus 2019 04:28

UNBK Hari Pertama di Kediri, Siswa Kesulitan Login 

Senin, 03 April 2017 21:35 WIB
Wartawan: Arif Kurniawan
UNBK Hari Pertama di Kediri, Siswa Kesulitan Login 
Suasana UNBK hari pertama di SMKN 2 Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Meski berjalan normal, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK tingkat SMK di Kota Kediri pada hari pertama bukannya tanpa hambatan. Beberapa peserta ujian kesulitan login ke laman atau lembar soal.

Kesulitan ini diketahui, saat UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Kediri menggelar inspeksi mendadak di SMKN 2 Kota Kediri. Beberapa orang siswa mengaku harus beberapa kali login karena tidak berhasil masuk ke laman soal dengan sistem online.

"Secara umum lancar. Tapi saat awal, beberapa kali masuk (login) tiba tiba keluar lagi. Sehingga harus mengulang. Akhirnya bagian IT menyarankan untuk merestart komputer. Setelah restart itu bisa lancar," kata Nikmatus Sholikah, salah satu siswi SMKN 2 Kota Kediri, Senin (3/4).

Sidak pelaksanaan UNBK itu, dipimpin Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Cabang Kediri Trisilo Budi. Dia melihat daftar hadir siswa, melihat pelaksana UNBK dari luar ruangan dan mengecek sarana dan prasarana ujian.

UNBK di Kediri diikuti sebanyak 9.859 siswa SMK negeri dan swasta. Sementara jumlah lembaganya sebanyak 70. Terdiri dari 44 SMK di Kabupaten Kediri dan sisanya 26 SMK di Kota Kediri. Dari jumlah ini, delapan sekolah terpaksa bergabung dengan sekolah lain karena terkendala sarana komputer.

Terpisah, Kepala SMKN 2 Kota Kediri Mayhari Krisna mengaku, tingkat kehadiran peserta UNBK hari pertama ini mencapai 100 persen yaitu, sebanyak 658 siswa. Dia bersyukur karena seluruh kebutuhan komputer tercukupi sebanyak 325 unit ditambah cadangan sebanyak 75 unit.

"Alhamdulillah berkat bantuan komputer dari pemerintah seluruh kebutuhan tercukupi. Kami juga menyiapkan cadangan untuk persiapan apabila terjadi trouble," tandasnya.

Untuk menjamin pelaksana UNBK berjalan lancar, sekolah bekerjasama dengan dua provider penyedia jaringan sekaligus yaitu, Biznet dan Telkomsel. Selain itu, untuk jaringan listrik dibuka sepenuhnya dari PLN. Bahkan, ada dua orang teknisi PLN yang disiagakan bersama empat orang anggota kepolisian.

UNBK hari pertama kemarin, siswa mengerjakan soal matematika, dengan waktu 2 X 60 menit. Adapun jumlah soal sebanyak 50 butir model pilihan, diacak. Sehingga setiap siswa tidak bisa mencontek siswa lainnya. (rif/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...