Minggu, 23 Februari 2020 05:35

Ubah Pakem, Grup Reog Singo Bolang Asal Madiun Diprotes Paguyuban Seniman

Kamis, 30 Maret 2017 00:12 WIB
Wartawan: Yahya
Ubah Pakem, Grup Reog Singo Bolang Asal Madiun Diprotes Paguyuban Seniman
Aksi demo seniman reog Ponorogo di depan gedung DPRD Ponorogo.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Dianggap merubah pakem yang sudah ada, grup reyog Singo Bolang dari Madiun didemo puluhan seniman reog Ponorogo dan LSM di depan gedung DPRD Ponorogo, Rabu (29/3).

Menurut koordinator aksi, Sunardi atau yang lebih dikenal dengan Nardi Gondrong, pihaknya dan seniman reog keberatan dengan pertunjukan grup Singo Bolang.

“Mereka memakai identitas Reog Ponorogo dan berkeliling Indonesia untuk melakukan pertunjukkan. Namun dalam pertunjukan tersebut ada atraksi akrobat, debus, dan para penari jathilnya terkesan erotis dengan pakaian yang dikenakan dan gerakan yang dilakukan. Sehingga ini perlu diprotes karena mengubah cerita yang ada,” ujar Nardi Gondrong.

Yang lebih parah lagi, mereka membuat pertunjukkan di Ponorogo yang merupakan asal budaya reog namun mereka menarik karcis bagi penontonnya.

“Untuk itu kami melakukan aksi dan juga menemui anggota DPRD untuk meminta aturan yang jelas tentang gerakan tari dan cerita seni reog Ponorogo ini,” lanjut Nardi.

Pihaknya tidak ingin seni budaya reog Ponorogo yang sudah terkenal ini dirusak oleh grup yang membuat kreasi namun mengubah pakem yang sudah ada.

“Silakan mereka membuat kreasi tari yang menarik namun jangan memakai identitas reog Ponorogo,” pungkas Nardi.

Sementara Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Miseri Effendi yang menemui para pendemo berjanji akan mengakomodir permintaan peserta aksi.

“Dalam waktu secepatnya kita akan membuat regulasi yang jelas dan tegas, kami sepakat dengan apa yang disampaikan oleh teman-teman. Jika perda dinilai terlalu lama, maka kita mengusulkan kepada eksekutif untuk membuat perbup yang mengatur masalah ini,” jelas Miseri Effendi. (yah/rd)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...