Ubah Pakem, Grup Reog Singo Bolang Asal Madiun Diprotes Paguyuban Seniman

Ubah Pakem, Grup Reog Singo Bolang Asal Madiun Diprotes Paguyuban Seniman Aksi demo seniman reog Ponorogo di depan gedung DPRD Ponorogo.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Dianggap merubah pakem yang sudah ada, grup reyog Singo Bolang dari Madiun didemo puluhan seniman reog Ponorogo dan LSM di depan gedung DPRD Ponorogo, Rabu (29/3).

Menurut koordinator aksi, Sunardi atau yang lebih dikenal dengan Nardi Gondrong, pihaknya dan seniman reog keberatan dengan pertunjukan grup Singo Bolang.

“Mereka memakai identitas Reog Ponorogo dan berkeliling Indonesia untuk melakukan pertunjukkan. Namun dalam pertunjukan tersebut ada atraksi akrobat, debus, dan para penari jathilnya terkesan erotis dengan pakaian yang dikenakan dan gerakan yang dilakukan. Sehingga ini perlu diprotes karena mengubah cerita yang ada,” ujar Nardi Gondrong.

Yang lebih parah lagi, mereka membuat pertunjukkan di Ponorogo yang merupakan asal budaya reog namun mereka menarik karcis bagi penontonnya.

“Untuk itu kami melakukan aksi dan juga menemui anggota DPRD untuk meminta aturan yang jelas tentang gerakan tari dan cerita seni reog Ponorogo ini,” lanjut Nardi.

Pihaknya tidak ingin seni budaya reog Ponorogo yang sudah terkenal ini dirusak oleh grup yang membuat kreasi namun mengubah pakem yang sudah ada.

“Silakan mereka membuat kreasi tari yang menarik namun jangan memakai identitas reog Ponorogo,” pungkas Nardi.

Sementara Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Miseri Effendi yang menemui para pendemo berjanji akan mengakomodir permintaan peserta aksi.

“Dalam waktu secepatnya kita akan membuat regulasi yang jelas dan tegas, kami sepakat dengan apa yang disampaikan oleh teman-teman. Jika perda dinilai terlalu lama, maka kita mengusulkan kepada eksekutif untuk membuat perbup yang mengatur masalah ini,” jelas Miseri Effendi. (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO