7 Jabatan Kepala Dinas Kosong di Situbondo Mulai Dilelang, PNS Luar Kabupaten Boleh Daftar

7 Jabatan Kepala Dinas Kosong di Situbondo Mulai Dilelang, PNS Luar Kabupaten Boleh Daftar Sekda Kabupaten Situbondo, Syaifullah. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Tujuh jabatan Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo akan dilelang secara terbuka. Bupati Situbondo sudah membentuk panitia seleksi untuk memperlancar setiap tahapan lelang.

Tidak hanya PNS yang bertugas di Kabupaten Situbondo saja yang diperbolehkan menginguti lelang jabatan, namun para pejabat di luar Situbondo juga diperbolehkan mendaftar.

"Di luar Kabupaten juga diperbolehkan mengikuti lelang jabatan tersebut, asalkan memenuhi persyaratan. Pak Bupati dan Wabup menginginkan agar aparat yang menduduki jabatan di dinas tersebut betul-betul mempunyai kompetensi dan kepampuan yang bagus," ujar Sekretaris Daerah, Syaifullah saat ditemui di kantornya, Rabu siang (8/3).

Adapun tujuh formasi jabatan yang akan dilelang yaitu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Kadis Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kadis Lingkungan Hidup, dan Kadis Polisi Pamong Praja.

"Dengan adanya lelang jabatan ini, semua pejabat yang menduduki jabatan administrator atau setara eselon IIIa, dengan ketentuan minimal dua kali menduduki jabatan administrator atau setara eselon III yang berbeda sekurang kurangnya dua tahun memiliki kesempatan untuk melamar," tuturnya.

Menurut Syaifullah, dalam tahapan seleksi, Pansel melibatkan perguruan tinggi yakni Universitas Negeri Jember (Unej), bagi pendaftar yang lulus administrasi. Tahapan seleksi akan dilakukan April mendatang, di antaranya uji kompetensi, assessment khusus sesuai jabatan yang dipilih pendaftar.

"Di pansel ini ada dua tim, yang pertama adalah tim assessment. Tim ini yang nantinya akan melakukan assessment terhadap kebutuhan jabatan di masing masing OPD yang diperlukan," paparnya

Syaifullah mengungkapkan bahwa, pendaftaran baru akan dibuka mulai tanggal 10 Maret hingga 24 maret mendatang. Jika hingga batas akhir belum ada pendaftar, Pansel akan memperpanjang pendaftaran.

"Kalau ternyata hingga batas akhir pendaftaran tidak ada yang mendaftar, ya waktu pendaftarannya akan diperpanjang oleh Pansel," puangkasnya. (stb1/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO