Kajari Ajak PMII Sidoarjo Ikut Jihad Melawan Korupsi dengan Langkah Konkret

Kajari Ajak PMII Sidoarjo Ikut Jihad Melawan Korupsi dengan Langkah Konkret Kajari Sidoarjo H. M. Sunarto SH (kanan) saat menerima cinderamata dari perwakilan IKA PMII Sidoarjo. foto: NANANG I/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, H. M. Sunarto SH, meminta pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sidoarjo, turut jihad melawan korupsi di wilayah di Sidoarjo.

Ungkapan itu disampaikan saat menjadi narasumber dalam acara bedah buku "NU Jihad Melawan Korupsi", usai pelantikan pengurus IKA Periode 2016-2021, di Cafe Ale, Pondok Jati, Sidoarjo, Selasa (28/2).

Menurut mantan Aspidsus Kejati Gorontalo itu, arah jihad melawan korupsi itu harus konkret. Misalkan, ikut melaporkan pejabat yang melakukan korupsi.

"Itu langkah yang konkret dan kontribusi melakukan jihad melawan koruptor," ujar mantan Kajari Moko-moko itu.

Akan tetapi, sambungnya, jika melaporkan harus didukung dengan data yang kuat. "Datanya harus kuat, jangan asal-asalan agar tidak mendolimi orang," jelasnya.

Mantan Kajari Jombang itu mengaku dalam pemberantasan korupsi itu tidaklah mudah seperti dalam teori belaka. "Pasalnya, selain memiliki bukti yang cukup, penegak hukum juga harus memiliki keberanian untuk mengungkap siapa saja yang bertangung jawab merugikan keuangan negara," ungkapnya.

Bukan hanya itu, goncangan dan tekanan dari berbagai pihak pasti ada. Dia mengibaratkan, kasus korupsi itu bagaikan hutan rimba yang masih belum dijamah oleh siapa pun. "Dalam hutan itu banyak binantang buas, harimau, gajah, ular dan hewan buas lainnya," ibaratnya.

Sementara, Ketua Ika , Fatihul Faizun meyatakan siap jihad melawan koruptor di Sidoarjo. "Kami siap melawan koruptor," ujarnya.

Ia mengaku bakal mengawal kasus korupsi yang ada di Sidoarjo. "Korupsi itu kejahatan luar biasa, itu yang membuat negri ini miskin," jelasnya. (nni/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO