Minggu, 15 September 2019 21:58

Kunjungi Dahlan Iskan, Gus Solah: Ini Cari Molo

Rabu, 21 Desember 2016 21:47 WIB
Kunjungi Dahlan Iskan, Gus Solah: Ini Cari Molo
KH Ir Salahuddin Wahid bersama istrinya, Nyai Farida Salahuddin Wahid makan bersama Dahlan Iskan di bagian belakang rumanya di Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - KH Ir Salahuddin Wahid (Gus Solah) bersama istrinya, Nyai Farida Salahuddin Wahid, secara khusus mengunjungi Dahlan Iskan di kediamannya di Sakura Regency Surabaya, Rabu (21/12/2016). Gus Solah langsung disongsong Dahlan Iskan di teras rumahnya. Tampak wajah Dahlan sangat berseri-seri mendapat kunjungan pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur itu. ”Terimakasih. Terimakasih,” kata Dahlan Iskan sambil menyalami Gus Solah.

Melihat Gus Solah datang bersama istrinya, Nyai Farida, Dahlan Iskan menukas. ”Istri saya tak ada di rumah. Sekarang lagi pengajian. Tapi istri saya sudah memasak untuk Gus Solah,” kata Dahlan dengan tawa khasnya. ”Silakan. Ada masakan macam-macam. Ada masakan Jawa. Ada masakan Kalimantan. Tapi jangan dicampur-campur. Gak enak. Ambil sedikit-sedikit saja. Nanti ganti piring ambil lagi,” kata mantan menteri BUMN itu ramah.

Nyai Farida langsung membuka tutup beberapa masakan yang sudah ditata di atas meja di bagian belakang rumah Dahlan. Melihat Nyai Farida yang sangat familiar seolah di rumahnya sendiri Dahlan langsung komentar. ”Wah ini ada ibu rumah tangga baru,” katanya. Nyai Farida pun menukas. ”Untuk menyiapkan,” tukasnya.

Sambil makan bersama, Gus Solah menanyakan kabar dan kondisi Dahlan Iskan. Wartawan senior itu pun menceritakan kondisi kesehatannya.

”Seharusnya waktunya kontrol. Sudah dua bulan ini tak kontrol,” kata Dahlan Iskan. Pihaknya mengaku sedang berusaha untuk mendapat izin agar bisa datang ke rumah sakit di Cina untuk mengontrol kesehatannya.

Mendengar cerita Dahlan itu Gus Solah sangat prihatin. Menurut cucu pendiri NU Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari itu, seharusnya Dahlan Iskan diizinkan untuk mengontrol kesehatannya mengingat ia pernah cangkok hati. ”Ini kan hak asasi. Hak semua warga untuk mendapat hak kesehatan,” tegas mantan anggota Komnas HAM itu.

Gus Solah juga tak habis pikir tentang dakwaan yang dituduhkan kepada Dahlan Iskan. Ia menilai terlalu dipaksakan. Ia bahkan menyindir, jika aparat penegak hukum mau main rekayasa seharusnya yang pintar. ”Kalau begini kan cari molo,” tegas adik kandung presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Gus Solah lalu menceritakan tiga kasus hukum yang tak masuk akal menimpa tokoh masyarakat lain. Menurut dia, selain Dahlan Iskan kasus seperti ini juga menimpa KH Husnul Khuluq, mantan Sekda Pemkab Gresik. ”Padahal tak ada kerugian negara,” tegas Gus Solah sembari mengaku telah memberi jaminan agar segera dibebaskan dan tahan luar.

Sementara Dahlan Iskan menuturkan beberapa kejanggalan kasusnya. Misalnya ia ditahan dulu sebelum kerugian negara disebut. Bahkan surat kepada pimpinan DPRD Jatim tiba-tiba diubah kepada ketua DPRD. ”Ini yang saya persoalkan di persidangan,” tutur Dahlan. Ia mengaku tak tahu siapa yang mengubah surat itu. Menurut dia, perubahan itu tampak kentara sehingga jelas manipulasi.

Ia mengaku sudah menjadi target sejak lama. Tapi ia santai. Bahkan ia selalu tertawa. ”Saya tak beban karena saya tak berdosa,” katanya sembari tertawa.

Gus Solah mendukung sikap Dahlan yang santai itu. Menurut dia, masalah yang menimpa itu tak perlu jadi beban pikiran agar Dahlan Iskan tetap sehat. (ma)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...