Sabtu, 25 Januari 2020 12:46

Kunjungi Dahlan Iskan, Gus Solah: Ini Cari Molo

Rabu, 21 Desember 2016 21:47 WIB
Kunjungi Dahlan Iskan, Gus Solah: Ini Cari Molo
KH Ir Salahuddin Wahid bersama istrinya, Nyai Farida Salahuddin Wahid makan bersama Dahlan Iskan di bagian belakang rumanya di Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - KH Ir Salahuddin Wahid (Gus Solah) bersama istrinya, Nyai Farida Salahuddin Wahid, secara khusus mengunjungi Dahlan Iskan di kediamannya di Sakura Regency Surabaya, Rabu (21/12/2016). Gus Solah langsung disongsong Dahlan Iskan di teras rumahnya. Tampak wajah Dahlan sangat berseri-seri mendapat kunjungan pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur itu. ”Terimakasih. Terimakasih,” kata Dahlan Iskan sambil menyalami Gus Solah.

Melihat Gus Solah datang bersama istrinya, Nyai Farida, Dahlan Iskan menukas. ”Istri saya tak ada di rumah. Sekarang lagi pengajian. Tapi istri saya sudah memasak untuk Gus Solah,” kata Dahlan dengan tawa khasnya. ”Silakan. Ada masakan macam-macam. Ada masakan Jawa. Ada masakan Kalimantan. Tapi jangan dicampur-campur. Gak enak. Ambil sedikit-sedikit saja. Nanti ganti piring ambil lagi,” kata mantan menteri BUMN itu ramah.

Nyai Farida langsung membuka tutup beberapa masakan yang sudah ditata di atas meja di bagian belakang rumah Dahlan. Melihat Nyai Farida yang sangat familiar seolah di rumahnya sendiri Dahlan langsung komentar. ”Wah ini ada ibu rumah tangga baru,” katanya. Nyai Farida pun menukas. ”Untuk menyiapkan,” tukasnya.

Sambil makan bersama, Gus Solah menanyakan kabar dan kondisi Dahlan Iskan. Wartawan senior itu pun menceritakan kondisi kesehatannya.

”Seharusnya waktunya kontrol. Sudah dua bulan ini tak kontrol,” kata Dahlan Iskan. Pihaknya mengaku sedang berusaha untuk mendapat izin agar bisa datang ke rumah sakit di Cina untuk mengontrol kesehatannya.

Mendengar cerita Dahlan itu Gus Solah sangat prihatin. Menurut cucu pendiri NU Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari itu, seharusnya Dahlan Iskan diizinkan untuk mengontrol kesehatannya mengingat ia pernah cangkok hati. ”Ini kan hak asasi. Hak semua warga untuk mendapat hak kesehatan,” tegas mantan anggota Komnas HAM itu.

Gus Solah juga tak habis pikir tentang dakwaan yang dituduhkan kepada Dahlan Iskan. Ia menilai terlalu dipaksakan. Ia bahkan menyindir, jika aparat penegak hukum mau main rekayasa seharusnya yang pintar. ”Kalau begini kan cari molo,” tegas adik kandung presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Gus Solah lalu menceritakan tiga kasus hukum yang tak masuk akal menimpa tokoh masyarakat lain. Menurut dia, selain Dahlan Iskan kasus seperti ini juga menimpa KH Husnul Khuluq, mantan Sekda Pemkab Gresik. ”Padahal tak ada kerugian negara,” tegas Gus Solah sembari mengaku telah memberi jaminan agar segera dibebaskan dan tahan luar.

Sementara Dahlan Iskan menuturkan beberapa kejanggalan kasusnya. Misalnya ia ditahan dulu sebelum kerugian negara disebut. Bahkan surat kepada pimpinan DPRD Jatim tiba-tiba diubah kepada ketua DPRD. ”Ini yang saya persoalkan di persidangan,” tutur Dahlan. Ia mengaku tak tahu siapa yang mengubah surat itu. Menurut dia, perubahan itu tampak kentara sehingga jelas manipulasi.

Ia mengaku sudah menjadi target sejak lama. Tapi ia santai. Bahkan ia selalu tertawa. ”Saya tak beban karena saya tak berdosa,” katanya sembari tertawa.

Gus Solah mendukung sikap Dahlan yang santai itu. Menurut dia, masalah yang menimpa itu tak perlu jadi beban pikiran agar Dahlan Iskan tetap sehat. (ma)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 25 Januari 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluark...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...