Hari Pahlawan ala Santri Tebuireng, Zikir Alam di Malang

Hari Pahlawan ala Santri Tebuireng, Zikir Alam di Malang Para santri yang tergabung dalam Kuda Ireng (Kumpulan Da'i Tebuireng) saat mengikuti zikir alam. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sekitar 500 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Jombang yang tergabung dalam KUDA IRENG (Kumpulan Da'i ) diberangkatkan ke Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang untuk mengikuti Zikir Alam. Kegiatan ini merupakan cara para santri memperingati Hari Pahlawan.

Dengan menggunakan 7 truk, 2 mini bus dan 2 mobil kecil, mereka berangkat ke Malang, Kamis (10/11) lalu. Kegiatan ini berlangsung hingga Jumat (11/11) malam.

Acara ini dibuka oleh Kepala Pondok Pesantren , Gus Iskandar. Adapun kegiatan yang dilaksanakan di antaranya, tahlilan, istighosah, diba'an, motivasi para santri, serta muhasabah tentang perjuangan para pahlawan Indonesia. Di samping itu, para santri juga diuji mental dengan berpidato di tempat keramaian di sekitar danau Ngantang.

Pembina KUDA IRENG, Ustad Mustofa mengatakan, hari pahlawan juga tidak luput dari hari santri. Itu karena banyak sekali pahlawan-pahlawan yang terlahir dari kalangan pesantren.

"Carilah pancing, jangan cari ikan. Ikan bisa habis, sebab di makan, kalau pancing bisa digunakan untuk mencari ikan. Artinya, carilah ilmu, jangan cari dunia. Dunia bisa habis, sebab dimakan. Kalau ilmu bisa digunakan untuk mencari dunia," ujar Ustad Mustofa. (rom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO