Selasa, 15 Juni 2021 20:10

Tangkal Syiah-Wahabi-Komunis, Kiai-kiai Kumpul di Pesantren Minhajut Thullab Sulawesi Tenggara

Selasa, 06 September 2016 10:03 WIB
Tangkal Syiah-Wahabi-Komunis, Kiai-kiai Kumpul di Pesantren Minhajut Thullab Sulawesi Tenggara
Dokumen foto kemerdekaan Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari saat menerima utusan Jepang (penjajah Indonesia). Tampak Hadratussyaikh berjenggot.

KENDARI, BANGSAONLINE.com - Para kiai yang punya komitmen untuk memebentengi Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah warisan Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari terus bergerak menangkal invansi ideologi transnasional Syiah, Wahabi, Komunis dan sebagainya. Bahkan pada 8-9 September 2016 para kiai itu berkumpul di Pondok Pesantren Minhajut Thullab Konsel. Mereka menggelar Halaqoh Kiai dan Pengasuh Pondok Pesantren se-Sulawesi Tenggara dalam rangka penguatan paham Aswaja An-Nahdliyah untuk kader bangsa.

Para kiai pengasuh pondok pesantren itu mendapuk KH A Hasyim Muzadi sebagai pembicara utama. Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Jawa Timur dan Depok Jawa Barat itu bakal menyampaikan pokok-pokok pikiran tentang tantangan Aswaja dalam menghadapi serbuan ideologi global.

Selain Kiai Hasyim Muzadi juga tampil KH Cholil Nafis, PhD, Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat yang mantan wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU ini bakal membahas soal kondisi Aswaja di tengah Firqoh.

Dalam halaqah yang dihadiri para pengasuh pondok pesantren se-Sulawesi Tenggara itu juga dibahas soal leadership dan kepemimpinan teladan ala Rasulullah. Kajian ini bakal disampaikan oleh Dr. KH Shoviyulloh MZ (dosen UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta).

BACA JUGA : 

Soal Tripsin Babi pada Vaksin AstraZeneca, Ketua MUI: Haram tapi Boleh karena Darurat

Haul ke-4, ​Empat Hikmah Tarbawi Abah Hasyim Muzadi

​Syiah Salat Cuma Tiga Waktu, Hizbut Tahrir bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim, Ini Alasannya

​Dr Jalaluddin Rakhmat Wafat, dari Keluarga NU, Jadi Tokoh Muhammadiyah, Lalu Pemimpin Syiah

Sementara Bahtsul Masail bakal dipandu oleh Dr. KH Fadlolan Musyafa (dosen UIN Walisongo Semarang).

Acara ini bakal semarak karena dimeriahkan tabligh akbar pada Kamis malam pukul 19.30. ”Yang jelas, Aswaja warisan Kiai Hasyim Hasyim Asy’ari yang kita jaga ini berbeda dengan Aswajanya Said Aqil Siradj yang memasukkan Syiah sebagai bagian dari Sunni. Kita juga tak menganggap Imam Ghazali sesat seperti dalam disertasi doktor Said Aqil,” kata salah seorang calon peserta kepada bangsaonline.com.

Ia juga menuturkan bahwa pihaknya tak pernah berprilaku suul adzab kepada Hadratussyaikh Hasyim sebagai pendiri NU dan pesantren Tebuireng. ”Kita tawaddlu’ kepada Hadratussyaikh. Kita gak pernah menyepelekan Aswaja Mbah Hasyim. Kita juga tak pernah mencukur jenggot Mbah Hasyim,” katanya.

Seperti heboh diberitakan media nasional, Said Aqil Siradj pernah menggelar acara dengan menampilkan gambar Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari versi baru yaitu tanpa jenggot yang diambil dari lukisan seorang pelukis. Akibatnya kiai dan warga NU gempar. Banyak yang kecewa dan mempersoalkan lukisan tersebut, termasuk keluarga besar Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. (tim) 

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...