Senin, 24 Februari 2020 05:56

Tangkal Syiah-Wahabi-Komunis, Kiai-kiai Kumpul di Pesantren Minhajut Thullab Sulawesi Tenggara

Selasa, 06 September 2016 10:03 WIB
Tangkal Syiah-Wahabi-Komunis, Kiai-kiai Kumpul di Pesantren Minhajut Thullab Sulawesi Tenggara
Dokumen foto kemerdekaan Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari saat menerima utusan Jepang (penjajah Indonesia). Tampak Hadratussyaikh berjenggot.

KENDARI, BANGSAONLINE.com - Para kiai yang punya komitmen untuk memebentengi Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah warisan Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari terus bergerak menangkal invansi ideologi transnasional Syiah, Wahabi, Komunis dan sebagainya. Bahkan pada 8-9 September 2016 para kiai itu berkumpul di Pondok Pesantren Minhajut Thullab Konsel. Mereka menggelar Halaqoh Kiai dan Pengasuh Pondok Pesantren se-Sulawesi Tenggara dalam rangka penguatan paham Aswaja An-Nahdliyah untuk kader bangsa.

Para kiai pengasuh pondok pesantren itu mendapuk KH A Hasyim Muzadi sebagai pembicara utama. Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Jawa Timur dan Depok Jawa Barat itu bakal menyampaikan pokok-pokok pikiran tentang tantangan Aswaja dalam menghadapi serbuan ideologi global.

Selain Kiai Hasyim Muzadi juga tampil KH Cholil Nafis, PhD, Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat yang mantan wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU ini bakal membahas soal kondisi Aswaja di tengah Firqoh.

Dalam halaqah yang dihadiri para pengasuh pondok pesantren se-Sulawesi Tenggara itu juga dibahas soal leadership dan kepemimpinan teladan ala Rasulullah. Kajian ini bakal disampaikan oleh Dr. KH Shoviyulloh MZ (dosen UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta).

Sementara Bahtsul Masail bakal dipandu oleh Dr. KH Fadlolan Musyafa (dosen UIN Walisongo Semarang).

Acara ini bakal semarak karena dimeriahkan tabligh akbar pada Kamis malam pukul 19.30. ”Yang jelas, Aswaja warisan Kiai Hasyim Hasyim Asy’ari yang kita jaga ini berbeda dengan Aswajanya Said Aqil Siradj yang memasukkan Syiah sebagai bagian dari Sunni. Kita juga tak menganggap Imam Ghazali sesat seperti dalam disertasi doktor Said Aqil,” kata salah seorang calon peserta kepada bangsaonline.com.

Ia juga menuturkan bahwa pihaknya tak pernah berprilaku suul adzab kepada Hadratussyaikh Hasyim sebagai pendiri NU dan pesantren Tebuireng. ”Kita tawaddlu’ kepada Hadratussyaikh. Kita gak pernah menyepelekan Aswaja Mbah Hasyim. Kita juga tak pernah mencukur jenggot Mbah Hasyim,” katanya.

Seperti heboh diberitakan media nasional, Said Aqil Siradj pernah menggelar acara dengan menampilkan gambar Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari versi baru yaitu tanpa jenggot yang diambil dari lukisan seorang pelukis. Akibatnya kiai dan warga NU gempar. Banyak yang kecewa dan mempersoalkan lukisan tersebut, termasuk keluarga besar Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. (tim) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...