Rabu, 30 September 2020 00:18

Lelang Sekda Gresik Nihil Pendaftar, Persyaratan Baru Bertentangan dengan Permendagri

Rabu, 20 Juli 2016 14:31 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Lelang Sekda Gresik Nihil Pendaftar, Persyaratan Baru Bertentangan dengan Permendagri
Perubahan persyaratan calon sekda Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tim seleksi lelang Sekda (sekretaris daerah) Pemkab Gresik, akhirnya memutuskan merubah persyaratan calon sekda. Sebab, menjelang ditutupnya pendaftaran Kamis (21/7) besok, belum satu pun calon sekda yang mendaftar ke Sekretariat BKD (Badan Kepegawaian Daerah).

Ada kemungkinan tidak adanya pejabat eselon II yang mendaftar disebabkan beberapa faktor. Di antaranya, terkait syarat calon sekda sudah mengikuti diklat pimpinan II, dan sudah dua kali menduduki jabatan eselon II di tempat berbeda.

Berdasarkan surat perubahan persyaratan yang diketuai Abdul Kholiq, kedua syarat tersebut dirubah. Yakni, bahwa pejabat eselon II yang mendaftar sudah dua kali menduduki jabatan di tempat berbeda, dirubah menjadi pejabat yang sudah menduduki jabatan eselon IIb. Persyaratan lain yang dirubah adalah, pejabat yang ikut tidak harus sudah dua kali mengikuti diklat pimpinan II.

Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Pemkab Gresik, M. Nadlif membenarkan adanya perubahan persyaratan kandidat sekda. "Sekarang tidak harus dua kali menjabat eselon II di tempat berbeda dan sudah diklat pimpinan II," katanya.

Ditambahkan Nadlif, pendaftaran yang sebelumnya paling akhir ditetapkan pada 21 Juli 2016, sekarang diundur menjadi 27 Juli 2016.

Sementara perubahan persyaratan calon sekda tersebut, mendapat tanggapan para pejabat. Asisten III Setda Pemkab Gresik, Tarso Sagito SH MHum misalnya, menilai bahwa perubahan persyaratan yang menyebutkan, calon sekda tidak harus sudah dua kali menduduki jabatan eselon II di tempat berbeda, menyalahi aturan.

Persyaratan itu, tegas Tarso bertentangan dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 5 Tahun 2005, tentang petunjuk teknis pengangkatan sekda provinsi kabupetan/kota dan pengangkatan eselon IIb.

Di mana, dalam Permendagri tersebut disebutkan, bahwa syarat calon sekda baik provinsi maupun kabupaten/kota, sudah harus dua kali menduduki jabatan eselon II di tempat berbeda. "Permendagri itu masih berlaku. Sebab, hingga sekarang tidak pernah dihapus atau diamandemen," ungkapnya.

Tarso mengaku mengacungi jempol kalau syarat calon sekda sudah mengikuti diklat pimpinan II dihapus. Sebab, persyaratan itu tidak ada korelasinya. "Kalau diklat pim II itu dihapus cocok. Tapi, kalau tidak harus sudah dua kali menjabat eselon II itu yang salah," pungkas mantan Kabag Hukum ini.

Sementara kalau persyaratan calon sekda cukup pernah menduduki jabatan eselon IIb, maka akan banyak pejabat yang punya peluang mendaftar. Mereka di antaranya, Kepala Dispendik, Mahin, Kepala BPPM, Agus Mualif, Kepala KBPP, Adi Yuamata, dan Dirut RSUD Ibnu Sina, Endang Puspitowati. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...