Di Kediri, Istri Lebih Banyak Ajukan Cerai Ketimbang Lelaki

Di Kediri, Istri Lebih Banyak Ajukan Cerai Ketimbang Lelaki

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Perceraian atas permintaan istri atau biasa disebut gugat cerai terus marak di sejumlah daerah, termasuk di . Hal ini terlihat di Pengadilan Agama (PA) yang notabene hanya tiga kecamatan jumlahnya perkaranya cukup tinggi mencapai ratusan tiap tahunnya.

Data yang dihimpun, jika dibanding dengan jumlah perceraian atas permintaan sang suami atau cerai talak, jumlahnya kurang dari separuh.

Wakil panitera pengadilan agama kota kediri Katimun mengatakan, kondisi ini disebabkan berbagai faktor, di antaranya karena kondisi ekonomi suami yang belum bisa memenuhi kebutuhan keluarga, selingkuh, maupun faktor lainnya. Dari beberapa alasan itu yang terbanyak karena faktor ekonomi. “Dari beberapa alasan mengajukan cerai, paling banyak faktor ekonomi,” jelasnya.

Sesuai data Pengadilan Agama , untuk tahun 2014 jumlah cerai gugat mencapai 477 perkara sedangkan cerai talak 201 perkara. Tahun 2015 cerai gugat 490 sedangkan cerai talak 170 perkara, dan tahun 2016 ini sampai bulan maret cerai gugat 129 sedangkan cerai talak 40 perkara. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO