Hari ini Mendikbud Pantau UN di Surabaya, Satu-satunya Kota Terapkan 100 Persen UN Berbasis Komputer

Hari ini Mendikbud Pantau UN di Surabaya, Satu-satunya Kota Terapkan 100 Persen UN Berbasis Komputer ilustrasi

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, hari ini (4/4) akan melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA di sejumlah sekolah di Kota Surabaya. Anis mengaku bangga Surabaya merupakan satu-satunya Kota yang menerapkan UN berbasis komputer seratus persen di seluruh sekolah.

"Surabaya adalah satu-satunya kota yang UN-nya seluruhnya menggunakan komputer, 100 persen menggunakan komputer," ujar Anis Minggu (3/4) sore saat dihubungi mengaku sedang di bandara dan akan menyambangi beberapa sekolah di Kota Pahlawan.

Dikatakan Anis, persiapan serta distribusi soal Ujian Nasional (UN) dan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah 100 persen selesai.

"Jadi dari segi persiapan, percetakan sampai distribusi sudah 100 persen selesai. Bahkan untuk daerah-daerah terpencil sudah dikirimkan sejak awal Maret," kata Anies.

Anis menyebutkan, seperti dulu-dulu sering ada masalah dalam distribusi soal UN. Namun saat tidak ada problem. Hal ini karena pada tahap perencanaan dilaksanakan dengan serius dan dengan implementasi ketat. "Jadi, alhamdulillah persiapan baik UN tertulis, baik UN berbasis komputer, dua-duanya sudah siap," sebutnya.

Ujian Nasional diselenggarakan serentak untuk setiap jenjang dan jalur pendidikan (formal dan nonformal). Ada dua metode yang diterapkan, berbasis kertas atau Paper-Based Test (PBT) dan berbasis komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Adapun jadwal pelaksanaan UN-PBT tingkat SMA adalah 4 - 6 April 2016, sedangkan untuk SMK 4 -7 April 2016. UN-PBT susulan akan diselenggarakan pada 11 - 13 April 2016 untuk jenjang SMA, sedangkan untuk SMK 11 -14 April 2016.

Bagi SMA yang sudah siap menyelenggarakan metode UNBK, jadwalnya dimulai pada 4-7, dan 11-12 April. Bagi siswa SMK, jadwalnya 13-16 April. Sedangkan UNBK susulan, tingkat SMA diselenggarakan pada 18-20 April, dan tingkat SMK pada 20-21 April 2016. 

Rencananya, Anies Baswedan akan didampingi Gubernur Jatim Soekarwo melakukan pemantauan pelaksanaan UN di Surbaya pukul 06.00 WIB di dua sekolah yang berada di wilayah Surabaya Utara, yaitu SMA Hang Tuah 1 dan SMAN 8 Surabaya. (jkt1/ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO