Minggu, 29 Maret 2020 06:09

Ngotot Ingin Bangun Perpustakaan Terbesar se-Asia Tenggara, DPR Dinilai Bebal

Kamis, 31 Maret 2016 06:39 WIB
Ngotot Ingin Bangun Perpustakaan Terbesar se-Asia Tenggara, DPR Dinilai Bebal
Ketua DPR RI, Ade Komarudin

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMPI) mengkritik sikap ngoyo pimpinan DPR yang hendak membangun gedung perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. DPR pun dinilai bebal.

"Kami melihat sktruktur berpikir DPR lucu. Harusnya mengebut rancangan undang-undang (RUU) yang urgent segera disahkan seperti RUU Pemilu dan memperkuat urusan legislasi. Jangan ngoyo, " ujar Sekjen MPN HMPI Tri Joko Susilo dalam siaran persnya, kemarin.

Menurut Tri, keinginan kuat DPR membangun perpustakaan terbesar se-Asia adalah proyek 'frustasi' lantaran tidak signifikannya pimpinan DPR dalam urusan legislasi selama ini, apalagi menyangkut UU yang mendesak masyarakat.

"Saya kira kalau telinga pimpinan DPR tidak mendengar jeritan rakyat, ini menjadi pelajaran dan catatan bagi masyarakat untuk mengevaluasi kinerja mereka di Pemilu mendatang," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, pimpinan DPR berencana membangun perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Ketua DPR Ade Komaruddin baru akan membicarakan usul ini dengan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) dan fraksi-fraksi setelah reses.

Anggaran perpustakaan ini akan termasuk di dalam anggaran proyek DPR di APBN 2016 senilai Rp 570 miliar. Perpustakaan yang bisa memuat 600 buku ini nantinya akan satu gedung dengan gedung baru untuk ruang kerja anggota.

Menanggapi banyaknya kritik, Ketua Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan meminta DPR untuk mengkaji penundaan pembangunan gedung perpustakaan dengan koleksi terbesar di Asia Tenggara. Alasan Zulkifli, lantaran target penerimaan negara tidak tercapai.

"Penerimaan negara tidak tercapai, ada kekurangan sekitar Rp 200 triliun lebih. Jadi ditundalah. Nanti kalau pendapatan negara sudah surplus, target sudah tercapai, mungkin. Tapi sekarang jangan dulu," kata Zulkifli di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta (30/3).

Zulkifli yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini menyambut baik keinginan DPR membangun perpustakaan. Hanya saja dia meminta agar lebih fokus terhadap pembangunan infrastruktur.

"Tapi sekarang jangan dulu, keinginan yang bagus itu tunda dulu. Fokus saja sekarang ini memperhatikan rakyat banyak, pendidikan, kesehatan, sosial, membantu rakyat kita yang sedan sulit dan miskin," ujar Zukifili.

Dia pun menyarankan agar pembangunan perpustakaan yang menghabiskan anggaran Rp 570 miliar itu ditunda hingga lima tahun ke depan. "Kan bisa perpus itu ditunda 5 sampai 10 tahun lagi," tukasnya.

Rencana pembangunan perpustakaan masuk dalam tujuh proyek DPR. Ketua DPR Ade Komarudin menyebut rencana ini muncul atas masukan para cendekiawan.

Ketua DPR Ade Komaruddin bahkan berani pasang badan bila ada yang tak menyetujui rencana tersebut. Menurut Ade, parlemen merupakan lembaga yang menjadi simbol negara. Perpustakaan pun dibangun untuk seluruh rakyat Indonesia. Ade menyebut keberadaan perpustakaan mewakili kualitas Parlemen Indonesia.

Namun, Presiden Joko Widodo belum memberi lampu hijau. Melalui Sekretaris Kabinet Pramono Anung, moratorium pembangunan gedung kementerian/lembaga masih berlaku hingga saat ini. (akt/rmo/mer/lan)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...