Kader PKK se-Sidoarjo Dilatih Deteksi Tumbuh Kembang Anak

Kader PKK se-Sidoarjo Dilatih Deteksi Tumbuh Kembang Anak PAPARAN: Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny Hj Anik Saiful Ilah saat menjelaskan soal tumbuh kembang anak, Rabu (23/3). foto: musta'in/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo memberikan pelatihan deteksi tumbuh kembang anak kepada anggotanya di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Rabu (23/3).

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah itu, diperuntukkan bagi kader TP-PKK kecamatan, desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny Hj Ida Nur Ahmad Syaifuddin hadir dalam kesempatan tersebut.

Ny Hj. Anik Saiful Ilah mengatakan usia 0 sampai 6 tahun merupakan usia emas/golden age bagi pertumbuhan anak. Di usia tersebut pembentukkan kecerdasan, emosional, religi, bakat dan minat dalam masa puncak pertumbuhan.

Oleh karena itu orang tua dan guru diharapkan dapat memberikan menu pendidikan dan pembelajaran dengan maksimal sesuai dengan kemampuan masing-masing anak. Untuk meraih semua itu, ucap Hj. Anik Saiful Ilah, diperlukan kemampuan mendeteksi pola perkembangan dan pertumbuhan anak.

“Pola pertumbuhan dan perkembangan anak dapat dilihat dari sisi fisik, psikis, akademik, sosial, religi, bakat dan minat anak,” ujarnya.

Dengan melakukan deteksi tumbuh kembang anak sejak dini lanjut Hj. Anik Saiful Ilah, orang tua akan dapat mengembangkan potensi anak. Selain itu dengan kemampuan tersebut dapat memberikan penilaian/assesment awal apabila anak memiliki hambatan dan kekurang sempurnaan dalam masa pertumbuhannya.Oleh karena itu kemampuan melakukan deteksi tumbuh kembang anak sejak dini sangat penting dimiliki orang tua.

Dalam pelatihan tersebut dua nara sumber dihadirkan. Yakni Kepala UPTD Paturtuwa (Pelayanan Anak Tuna Rungu Wicara dan Autis) Kabupaten Sidoarjo Nanik Sumarviati S.Pd, M.Pd serta dra. Hj. Muji Dwi Sriwilujeng M.Pd salah satu dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang juga Kepala PAUD TK Aisyiyah Sidoarjo. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO