Puluhan KK Kawasan Bencana di Kediri Masih Ngotot Tolak Relokasi

Puluhan KK Kawasan Bencana di Kediri Masih Ngotot Tolak Relokasi

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Target Pemerintah Kabupaten untuk merelokasi Para korban bencana alam tanah longsor lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Juron, Desa Blimbing, Kecamatan Mojo masih terkendala. Dari 63 Kepala Keluarga (KK) hanya 32 KK yang mau direlokasi.

"Kita terus melakukan sosialisasi pada mereka, baru 50 persen yang mau direlokasi. Sebenarnya targetnya selesai tahun ini," ungkap Kepala Bagian Humas Pemkab M Haris Setiawan.

Menurut Haris, ada beberapa alasan mereka enggan direlokasi. Di antaranya mereka tidak mau meninggalkan tempat tinggalnya dengan alasan peninggalan nenek moyangnya. Padahal meski mereka ikut direlokasi lahan mereka juga masih menjadi miliknya.

"Pemerintah juga menyediakan anggaran untuk pembangunan rumah mereka, per KK 20 juta, sedangnya untuk membantu mencukupi kebutuhan mereka ada di Dinsos," terangnya.

Sebelumnya Daniel Arisandi salah satu koordinator LSM mengaku jika warga tidak mau direlokasi karena lokasi yang disediakan pemerintah daerah (pemda) jauh dari kebun dan ladang. "Warga bersedia direlokasi, tetapi tidak jauh dari permukiman mereka. Sebab, di sana mereka mempunyai kebun. Kecuali memang direlokasi rumah dan kebun mereka sekaligus,” ungkap Daniel ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Dia menerangkan Kebun merupakan satu-satunya lahan mencari makan bagi para korban. Oleh karena itu warga enggan direlokasi meski sadar bahwa selama ini tinggal di kawasan yang rawan bencana.

Untuk diketahui, Pemkab telah menyediakan lahan seluas 1,250 Hektar untuk merelokasi warga yang tinggal di kawasan rawan bencana. Rencananya pemkab juga akan memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta untuk pembangunan rumah baru mereka, dan Dinas Sosial Kabupaten juga telah menyiapkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka ditempat yang baru nanti. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO