Tularkan Penyakit Pasca Banjir, Mensos Siap Berburu Tikus

Tularkan Penyakit Pasca Banjir, Mensos Siap Berburu Tikus Menteri Khofifah mengecek nasi bungkus di dapur umum. foto: bahri/ BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengunjungi korban banjir di Kota Sampang, Senin (29/2). Dia diterima Bupati Sampang KH. Fanan Hasib dan Wakil Bupati H. Fadhilah Budiono di Aula pendopo Bupati, Senin (29/2).

Saat sambutan di hadapan Bupati, Menteri Sosial ini mengaku siap untuk berburu tikus yang dapat menularkan penyakit Leptospirosis pasca bencana banjir melanda di Kota Sampang, Madura, selama dua hari 26-28 Februari 2016.

“Saya siap saja karena sudah dikordinasikan dengan teman-teman lainnya agar bergerak semua untuk berburu tikus,” kata Khofifah saat di Pendopo Bupati Sampang.

Alasan itu bukan tanpa sebab. Karena menurutnya, penyakit dari kencing tikus yang penularannya melalui luka manusia tersebut tidak bisa dianggap remeh.

Penyebarannya sangat cepat dan bisa mematikan. Bahkan, di Sampang sudah mengakibatkan korban jiwa sekitar 9 orang pada tahun 2013 lalu.

“Saya tidak ingin kejadian Leptopirosis yang memakan korban jiwa di tahun 2013 lalu. Kematian korban ada 9 orang itu terbesar di dunia, maka dari itu bagaimana masyarakat bersama-sama untuk berburu tikus jangan sampai pasca banjir ini terjadi hal yang sama,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta Menteri Kesehatan segera memberikan obat-obatan terhadap masyarakat terdampak banjir di 13 Kelurahan dan Desa di Kabupaten Sampang.

Usai dari Pendopo, Khofifah kemudian mengunjungi posko Dapur Umum yang ada di belakang pendopo. Khofifah juga ikut membantu membungkus nasi bungkus untuk korban bencana banjir di Sampang. (hri/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO